Game RPG Mighty Quest Mengajak Berpetualang dengan Satu Tangan

Iseng-iseng cari game baru yang seru, saya bertemu dengan game RPG Mighty Quest. Setelah sedikit mencoba, ternyata game hack and slash ini cukup seru dimainkan.

Penerbit game ini adalah Ubisoft. Sebagai sebuah nama besar di dunia game, tentu kita bisa berharap cukup banyak. Nah, kali ini saya mau membahasnya.

Apa itu Mighty Quest?

Nama lengkap game ini sebenarnya cukup panjang, yaitu Mighty Quest for Epic Loot. Lalu seperti sudah sedikit disinggung di atas, Mighty Quest adalah sebuah game RPG bertipe action hack and slash. Game ini tersedia di Android dan iOS.

Salah satu hal pertama yang layak disebut adalah game ini memanfaatkan format layar vertikal dan bisa dimainkan dengan satu tangan. Mirip seperti game Knighthood.

Bagaimana Gameplay-nya?

Hm, game ini punya mekanisme permainan seperti RPG pada umumnya. Kamu akan berpetualang melalui berbagai chapter (di sini disebut Act.) dan stage. Kamu akan bertemu musuh dan memasuki boss room. Setiap petualangan (quest) akan menghabiskan energi yang nanti akan terisi kembali.

Selama perjalanan, kamu akan menemukan banyak loot. Ada senjata, armor, rune, dll. Masing-masing bisa memiliki unsur sendiri. Kamu bisa meningkatkan kualitas persenjataanmu, baik dengan upgrade (level), promote (tier/bintang), combine (menggabungkan), atau menambahkan rune. Oya, kamu juga akan memiliki familiar/pet yang menemani petualangan.

stage the mighty quest
Petualangan dan bonus stage

Karakter yang kamu mainkan memiliki skill. Ada skill aktif dan pasif. Skill aktif adalah ‘ilmu’ yang bisa kamu keluarkan saat bertarung. Sedangkan skill pasif adalah kemampuan yang menunjang skill aktif tersebut. Kedua skill ini juga bisa kamu tingkatkan.

Nah, di game ini terdapat dua jenis mode permainan. Yang pertama PVE (player vs environment) alias petualangan/cerita, dan yang kedua PVP (player vs player) yaitu di Arena. Selain itu juga terdapat event, achievement, daily mission, dll.

Kelengkapan dan sistem upgrade

Bagaimana Kontrol Game Ini?

Seperti sudah disebut di atas, Mighty Quest menampilkan permainan dalam layar vertikal. Artinya, kamu tidak membutuhkan banyak menekan tombol.

Kamu bisa memainkan game ini hanya dengan satu tangan. Untuk menggerakkan karakter, kamu cukup menekan layar (di bagian mana saja), lalu menggesernya ke arah yang kamu inginkan. Untuk sisi ini, cukup mirip dengan Dragalia Lost.

the mighty quest battle
Kontrol selama permainan

Untuk menyerang musuh, kamu tinggal ketuk layar. Yah, karena game ini berjenis hack and slash, maka semakin banyak kamu menekan layar, semain banyak pula serangannya. Sedangkan untuk mengeluarkan ‘ilmu’, kamu tinggal menekan tombol yang tersedia. ‘Ilmu’ itu akan habis dan terisi kembali dalam waktu tertentu.

Oya, kalau kamu malas menggerakkan si tokoh, ada tombol auto play yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, ada pula tombol auto-win dengan membayar nilai tertentu.

Plus Minus Mighty Quest

Seperti kamu lihat, sistem permainan ini memang layaknya game RPG klasik. Tentunya kalau kamu suka genre game ini, kamu layak mencobanya.

Beberapa hal yang bagus dari game ini (sejauh yang saya mainkan) adalah kemudahan kontrol permainan, leluasa mengatur persenjataan dan kelengkapannya, dan memang seru untuk dimainkan dalam waktu luang.

Sedangkan faktor yang mungkin bisa sedikit “mengganggu” adalah adanya batasan energi, harus dimainkan online, pet yang belum jelas fungsinya (sejauh ini tidak ikut menyerang), dan adanya unsur P2W (pay to win).

Itulah sekilas info soal game RPG Mighty Quest. Kalau kamu mencari permainan yang bisa dimainkan sambil lalu, kamu boleh coba game ini. Semoga beberapa info di atas bisa sedikit memberi gambaran.

Download (Android)

Download (iOS)