Game RPG ‘The Elder Scrolls: Blades’ Tersedia Untuk Asia Tenggara

Sekarang kamu sudah bisa mengunduh dan memainkan game RPG The Elder Scrolls: Blades baik di Android maupun iOS. Sebelumnya game ini sudah dirilis untuk wilayah lain, tapi kini juga sudah tersedia untuk pemain di Asia Tenggara.

Blades merupakan bagian dari seri game RPG populer ini yang dibuat khusus untuk perangkat bergerak (smartphone atau tablet). Pada tahap awal rilisnya, game ini cukup mendapat banyak kritikan. Namun Blades membuktikan kalau ia layak membawa nama besar seri andalan Bethesda ini.

Gameplay

The Elder Scrolls: Blades adalah game action RPG dengan tampilan orang pertama (first-person). Jadi tokoh yang kamu mainkan sebagian besar tidak nampak di layar. Hanya terlihat tangan yang memegang senjata.

Berbeda dengan petualangan di seri Elder Scrolls lain yang bersifat open world dan memiliki fitur peta, Blades memberi perjalanan yang linear. Hal ini terjadi karena batasan yang dimiliki perangkat bergerak.

the elder scrolls blades
mode permainan

Game ini menyediakan tiga mode permainan, yaitu Abyss, Arena, dan Town. Abyss merupakan permainan roguelike yang menantang pemain menelusuri dungeon sejauh mungkin. Seperti namanya, Arena adalah tempat para pemain bertarung satu sama lain. Sedangkan Town adalah mode utama yang berisi jalan cerita.

DI dalam game ini, kamu bisa bertarung secara jarak dekat (melee), jarak jauh (ranged attack), maupun menggunakan sihir (magic spells). Sebelum bertualang, kamu juga bisa mengatur penampilan tokoh yang kamu mainkan (ahem, saya meminjam nama dan penampilan Geralt dari The Witcher. Hehehe) dan meningkatkan senjata, armor, juga skill tokoh.

Hands-on

Game The Elder Scrolls: Blade dirancang khusus untuk perangkat bergerak. Satu hal yang paling menarik adalah game ini bisa kamu mainkan baik dengan posisi tegak (portrait) atau mendatar (landscape). Posisi gambar dan tombol menu akan menyesuaikan. Ini membuat kamu bisa memilih posisi yang nyaman untuk bermain sesukamu.

tampilan tegak

Kamu juga bisa memilih bagaimana kamu mengontrol permainan. Ada pilihan baik untuk mode tegak atau mendatar. Kamu bisa memilih memakai tekan (tap) lokasi tertentu untuk bergerak atau memakai kontroler virtual. Sejauh ini menurut saya memakai tap lebih nyaman dipakai.

Ketika bertarung, kamu harus melakukan tekan+tahan+lepas untuk menyerang. Memang sedikit kurang “aksi”. Untungnya pertarungan berjalan tidak secepat itu (yah, saya masih tahap awal). Selain itu kamu bisa bertahan dengan menekan tombol ‘perisai’.

pertarungan di tampilan mendatar

Kualitas tampilan visual game ini boleh dibilang di atas rata-rata. Paling tidak bisa mengingatkan kita pada versi komputer di seri lainnya. Terus terang, karena saya juga baru mulai main, saya belum bisa berkomentar soal cerita, quest, mekanisme permainan, dll lebih jauh.

Nah, kalau kamu menunggu game ini (tapi nggak komentar tiap hari di trailer YouTube kan?) atau tertarik mencobanya, silakan unduh game The Elder Scrolls: Blades melalui link di bawah ini.

Download (Android)

Download (iOS)

%d blogger menyukai ini: