Kamu Bisa Ganti Nama Channel Youtube Tanpa Ubah Akun Google

youtube logo

Yes, sekarang proses ganti nama channel YouTube jadi lebih mudah, karena sudah tidak perlu mengubah setelan akun YouTube. Jadi kalau kamu pernah salah memberi nama atau mau mengubah channel dengan nama yang lebih keren, ya tidak susah.

Sampai beberapa waktu lalu, para kreator konten harus mengganti nama yang tertera di akun Google (yang terkait dengan email), kalau mau mengganti nama channel. Termasuk gambar ikon alias avatar di channel tersebut.

Proses ini boleh kita sebut menyebalkan. Tentu karena dari YouTube kita “dilempar” ke akun Google untuk menggantinya. Pilihan lain ya membuat email dengan nama tertentu yang sesuai dengan “merek” kita di jagat internet.

Tapi kini prosesnya tidak seperti itu lagi. Kamu bisa mengganti nama channel YouTube secara langsung, entah itu akun personal atau brand.

Untuk ganti nama channel YouTube lewat browser komputer, kamu bisa membuka YouTube Studio, tekan tombol Customize di profil, lalu menggantinya di bagian ‘Basic info‘. Sedangkan kalau di smartphone, tekan gambar profil > Your Channel > Edit Channel > tekan tombol Edit di samping nama.

ganti nama channel youtube

Namun, ada sedikit efek samping dari proses penggantian nama channel ini. Kamu yang sudah mendapat verifikasi akan kehilangan tanda centang kalau kamu mengubah nama channel. Tapi jangan kuatir, YouTube mengatakan kalau si kreator bisa mendaftar kembali. Seharusnya, dengan riwayat si kreator, proses ini tidak akan sulit.

Perubahan ini merupakan salah satu pembaruan yang menyenangkan. YouTube sendiri memang sedang mencoba banyak fitur baru, seperti menyembunyikan jumlah “Dislike”, cara memberi pemasukan bagi kreator, dan mengubah beberapa posisi tombol.

Nah, apakah kamu termasuk yang pernah salah pakai nama dan berminat mengubah nama channel di YouTube? Kalau iya, silakan cek lewat browser atau di aplikasi.

%d blogger menyukai ini: