Lama Ditunggu, Gmail Versi Dark Mode Akhirnya Sambangi iOS

Ada kabar bagus buat kalian pengguna Gmail di iPhone atau iPad. Karena sekarang tampilan Gmail dark mode sudah hadir untuk perangkat iOS.

Gmail adalah layanan email terpopuler di dunia. Layanan bisa diakses lewat website maupun aplikasi Android dan iOS.

Beberapa waktu lalu, Google merilis tampilan baru dark mode untuk Gmail versi Android. Sayangnya, tampilan ini belum tersedia untuk Gmail versi iOS. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pengguna iOS sudah bisa menikmati tampilan ini.

Tampilan Dark Mode Gmail di Perangkat iOS

Google menerbitkan dark mode Gmail versi 6.0.200519 ke App Store. Saat meluncurkan tampilan baru ini, Google juga turut menambahkan catatan rilis.

β€œSekarang kalian bisa berganti tema antara gelap atau terang setelah meng-update iOS 13. Atau kalian bisa menggunakan tema sistem yang ditetapkan secara default,” tulis Google.

Sumber Gambar : MacRumors

Sementara itu, Google pertama merilis mode gelap untuk Gmail pada September 2019. Sedangkan untuk pengguna iOS, hanya sebagian saja yang bisa mencobanya. Itu pun bukan versi resmi.

Akhirnya dengan adanya pembaruan ini, pengguna iOS bisa menikmati mode gelap Gmail. Untuk mengaktifkan mode ini, kalian bisa mengikut langkah-langkah ini.

  • Buka aplikasi Gmail di iPhone atau iPad kalian.
  • Ketuk ikon Menu (tiga garis) di sudut kiri atas layar.
  • Scroll ke bawah dan ketuk β€˜Settings.’
  • Tap menu β€˜Theme.’
  • Di sana kalian akan melihat opsi β€˜Light’, β€˜Dark’ dan β€˜System default.’

Untuk mengubah tampilan jadi mode gelap, kalian bisa pilih menu β€˜Dark.’ Menu β€˜Light’ berguna untuk menampilkan tampilan terang (putih). Sedangkan menu β€˜System default’ memungkinkan tampilan otomatis berubah tergantung waktu.

Oya, tampilan ini tidak hanya bisa dinikmati pengguna iOS 13 kok. Buat pengguna iOS 11 dan iOS 12 juga bisa. Hanya saja, di menu β€˜Settings’ kalian hanya akan melihat menu β€˜Dark theme,’ bukan sub-menu β€˜Theme’ seperti di iOS 13.

Sementara itu, Google akhir-akhir ini memang rajin menghadirkan dark mode ke layanannya. Seperti Mei lalu, Google juga membawa tampilan dark mode ke aplikasi Google Search.

%d blogger menyukai ini: