Memasang Aplikasi Google Camera Di ASUS Zenfone Max Pro M1 Tanpa Root

memakai google camera di asus zenfone max pro m1

Aplikasi Google Camera merupakan salah satu faktor yang membuat Google Pixel menjadi salah satu ponsel dengan kamera terbaik. Sayangnya aplikasi itu tidak tersedia untuk semua ponsel. Untungnya, sekarang kita bisa memakai Google Camera di ASUS Zenfone Max Pro M1 tanpa root.

Reputasi aplikasi kamera Google di ponsel Pixel memang membuat penasaran. Begitu hebatnya, sampai banyak yang mereka ulang aplikasi itu untuk bisa dipakai di ponsel lain. Karena saya menggunakan Zenfone Max Pro M1 (saat artikel ini ditulis), tentu saja saya mencari untuk ponsel ini.

Pencarian saya ini membuat saya mampir di berbagai tempat. Mulai dari Forum ASUS, sampai ke XDA Developers. Ternyata caranya cukup mudah, tanpa root, dan berhasil. Oleh karena itu, saya pikir ada baiknya ikut menyebar trik Android ini agar kamu yang penasaran juga bisa mencobanya.

Sekilas Info Soal Memasang Google Camera

Aplikasi Google Camera yang tersedia untuk ASUS Zenfone Max Pro M1 bukanlah aplikasi asli yang dipasang melalui Play Store. Aplikasi ini merupakan paket aplikasi Android (APK) reka ulang yang memungkinkan aplikasi itu bisa berjalan di perangkat lain. Istilah kerennya port. Ada juga yang bilang mod (dari modification/modifikasi).

Aplikasi Google Camera juga membutuhkan apa yang disebut dengan Camera2API. Makhluk yang satu ini biasanya bisa diaktifkan dengan melakukan root. Tapi ternyata ASUS Zenfone Max Pro M1 bisa menggunakannya melalui perintah di fastboot. Dengan demikian kamu tetap bisa memasang Google Camera di ASUS Zenfone Max Pro M1 tanpa root. Walau begitu, tetap butuh cara tertentu untuk melakukannya.

Cara Install Google Camera di ASUS Zenfone Max Pro M1

  1. Unduh dan akses Platform Tools di komputermu (lihat cara memasang ADB).
  2. Akses mode bootloader di ponsel:
    • Matikan ponsel,
    • Nyalakan lagi,
    • Langsung tekan tombol volume-bawah dan power saat mulai masuk sistem.
  3. Sambungkan ponsel ke komputer dengan kabel data (karena ponsel dalam mode bootloader, kita tidak perlu mengatur USB Debugging).
  4. Buka aplikasi baris-perintah (command-line) di komputer (tergantung sistem operasi yang kamu pakai).
  5. Ketik perintah berikut (sesuai sistem operasi dan aplikasi yang bersangkutan):
    • Windows Command Prompt: fastboot oem enable_camera_hal3 true
    • Windows PowerShell: .\fastboot oem enable_camera_hal3 true
    • macOS Terminal: ./fastboot oem enable_camera_hal3 true
  6. Restart ponsel.
  7. Unduh dan pasang port aplikasi Google Camera dari Arnova.
  8. Ganteng 😎

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Google Camera di ponsel Zenfone Max Pro M1. Kamu bisa melihat ada berbagai fitur keren di aplikasi ini. Di antaranya HDR+, Motion Photo, Photo Sphere, Lens Blur, dan Portrait.

tampilan aplikasi google camera

Tampilan aplikasi Google Camera

Jujur saja, saat menulis artikel ini, saya belum mencoba semua fitur tersebut. Jadi saya belum tahu apakah semua fitur bekerja dengan baik atau tidak. Lalu saya juga baru membandingkan sedikit dengan aplikasi kamera bawaan Zenfone Max Pro M1.

Mungkin nanti saya akan melakukan perbandingan foto dari aplikasi Google Camera dan aplikasi kamera bawaan. Untuk sementara, tutorial ini dulu. Jadi nanti kalau saya sudah membandingkan, kamu juga bisa memberi pendapat. Betul?

Ada komentar?