Google Envelope: Supaya Kamu Tidak Keseringan Buka Ponsel

Google meluncurkan aplikasi eksperimental bernama Envelope (artinya amplop). Aplikasi ini diklaim bisa mengurangi kecanduan smartphone. Hm, benar kah begitu?

Istilah β€˜kecanduan smartphone’ bukanlah hal asing. Mengingat saat ini orang-orang seperti tidak bisa dipisahkan dengan benda yang satu ini.

Untuk mengatasi kecanduan smartphone, Google telah meluncurkan sebuah aplikasi eksperimental. Aplikasi ini dinamakan Google Envelope.

Nah, kira-kira seperti apa aplikasi ini, dan benar kah Amplop bisa mengurangi kecanduan smartphone? Oke, kalian bisa simak ulasan saya dalam artikel ini.

Apa Itu Google Envelope?

Envelope atau Amplop adalah aplikasi untuk membatasi penggunaan ponsel. Aplikasi ini sebenarnya masuk dalam proyek Digital Wellbeing milik Google. Saat ini, baru berfungsi Pixel 3A.

Aplikasi ini berisi sebuah PDF untuk merakit amplop. Jadi PDF tersebut bisa kalian cetak dan rakit sendiri menjadi amplop. Setelah jadi, amplopnya bisa kalian pakai untuk membungkus ponsel.

Kemudian Envelope akan mengganti aplikasi panggilan telepon di Pixel 3A dengan miliknya. Setelah itu, aplikasi akan memberi waktu pengguna selama 10 detik untuk menyesuaikan layar Pixel 3A dengan rakitan amplop.

Sumber Gambar : Experiment with Google

Apa Kegunaan Envelope?

Intinya, Envelope adalah aplikasi untuk mencetak amplop yang dipakai membungkus ponsel dan mengganti fungsi ponsel. Amplopnya sendiri hanya bergambarkan angka-angka dan tombol untuk melakukan panggilan (yang ada di dalam aplikasi).

Itu artinya, kita tidak akan bisa mengakses media sosial, bermain game, dll. Wah, bagi orang yang sudah kecanduan ponsel, mungkin mereka akan merasa aneh ya.

Google sendiri berharap amplop ini bisa membatasi penggunaan ponsel. Ya kalau kita perhatikan dari gambarnya, memang tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain melakukan panggilan telepon.

Sumber Gambar : Experiment with Google

Bergunakah Aplikasi Ini?

Mungkin sekilas Envelope menawarkan fungsi yang cukup membantu. Apalagi kalian hanya perlu kertas, gunting dan lem untuk membuatnya.

Tapi di sisi lain, menurut saya trobosan ini belum bisa sepenuhnya mengatasi kecanduan ponsel. Sebab bahan yang dipakai untuk membuat amplop adalah dari kertas.

Kalau pengguna tidak tahan, mereka bisa menyobek kertasnya dan kembali menggunakan ponsel seperti biasa. Tapi itu semua kembali ke niat pribadi sih.

Sumber Gambar : Experiment with Google

Selain itu, amplop ini hanya bisa dipakai satu kali. Sebab dia menggunakan lem. Jadi setelah kalian menyobeknya dan ingin menggunakan lagi, kalian harus mencetak ulang Envelope.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini. Yah, anggap saja sebagai challenge untuk diri sendiri. Kalian bisa coba menggunakan amplop ini selama 24 jam dan lihat bagaimana hasilnya.

Sementara itu, Envelope saat ini hanya tersedia untuk Pixel 3A saja. Mungkin ke depan Google akan mengembangkan proyek ini untuk smartphone lainnya.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: