Google Kenalkan Pixelbook Go, Chromebook Baru Penerus Pixelbook

Google telah mengumumkan Pixelbook Go, penerus Pixelbook. Pengumuman dilakukan di acara peluncuran Pixel 4 di New York City, 15 Oktober 2019.

Pixelbook adalah Chromebook pertama Google yang rilis tahun 2017. Setelah itu, Google tidak pernah merilis generasi berikutnya dari Pixelbook.

Selang satu tahun berikutnya, tepatnya tahun 2018, Google merilis Pixel Slate. Hal ini membuat sebagian penggemar Pixelbook kecewa. Pasalnya mereka sangat menantikan Pixelbook 2.

Penantian penggemar Pixelbook akhirnya terbayar. Sebab tanggal 15 Oktober 2019, Google mengumumkan versi baru Pixelbook.

Chromebook penerus Pixelbook bukan bernama Pixelbook 2, melainkan Pixelbook Go. Lalu seperti apa Google Pixelbook Go? Simak ulasan berikut ini.

Berbagai Fitur Google Pixelbook Go

Sumber Gambar : Techradar

Laptop ini dirancang dengan desain yang tipis dan ringan. Laptop ini memiliki ukuran 13mm dan berat hanya 2 pound.

Pixelbook Go adalah laptop 13,3 inci dengan layar sentuh. Laptop ini menawarkan resolusi Full HD (versi terendah) hingga 4K (versi tertinggi).

Bodi laptop dibuat menggunakan bahan magnesium alloy. Sasis laptop dikelilingi oleh lapisan plastik yang lembut. Hal ini membuat laptop lebih aman dan mudah digenggam.

Sedangkan untuk keyboard, laptop ini menyajikan tombol backlit dengan desain ‘Hush’ Google. Ini adalah desain keyboard terbaru dari Google yang dibanderol dengan harga lebih murah.

Sumber Gambar : Techradar

Chromebook Pixelbook ini dipersenjatai prosesor Intel Core m3 untuk versi terendah. Sementara versi yang paling tinggi menggunakan prosesor Intel Core i7.

Pixelbook Go dibekali webcam resolusi 1080p yang mampu merekam sampai 60 FPS. Menariknya, webcam ini juga dibekali sensor cahaya.

Sementara untuk konektivitas, Pixelbook Go menyajikan jack headphone 3,5mm dan dua port USB-C. Port USB ini mendukung pengisian daya dan output tampilan.

Google hanya menyertakan Wi-Fi 802.11ac atau Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2 ke Pixelbook Go. Sangat disayangkan, sebab saat ini Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5 sudah mulai tersedia.

Chromebook ini dibekali baterai yang mampu bertahan selama 12 jam. Sementara untuk pengisian, baterai hanya butuh waktu 20 menit.

Harga dan Ketersediaan

Laptop ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Google sendiri ingin agar laptop ini bisa dijangkau oleh lebih banyak pelanggan.

Pixelbook Go akan hadir dengan dua varian warna. Kalian bisa memilih warna ‘Just Black’, atau ‘Not Pink’ untuk warna yang terkesan lebih feminin.

Laptop ini dibanderol dengan harga $649 atau sekitar Rp 9,1 juta di AS. Harga ini memberikan laptop dengan CPU Intel Core m3, RAM 8GB, penyimpanan flash 64GB, dan layar Full HD (1920 x 1080).

Sementara untuk versi medium, laptop ini menggunakan CPU Intel Core i5, RAM 16GB dan penyimpanan 128GB. Varian ini dibanderol dengan harga $999 atau sekitar Rp 14,1 juta.

Varian tertinggi Pixelbook Go dibekali CPU Intel Core i7, RAM 16GB, penyimpanan 256GB, 4K Ultra HD (3840 x 2160), dan touchscreen ‘Molecular.’ Laptop ini seharga $1399 atau Rp 19,8 juta.

Pre-order laptop ini sudah dimulai dari tanggal 15 Oktober (untuk AS). Sementara untuk negara lain, Google belum memberikan informasi.

Sementara itu, Google juga belum mengumumkan tanggal peluncuran produk. Jadi, kita masih perlu menunggu informasi selanjutnya dari Google ya.