Layanan Video Konferensi Google Meet Kini Gratis

google meet

Google Meet adalah aplikasi video call yang tersedia sebagai bagian layanan premium G Suite. Namun kini aplikasi video call Google Meet bisa dipakai gratis oleh semua orang.

Wabah COVID-19 membuat orang melakukan swa-karantina dan bekerja di rumah (WFH). Sebagai hasilnya, kebutuhan akan aplikasi video call yang mampu menangani banyak pengguna meningkat. Baik untuk keperluan rapat perusahaan maupun kepentingan edukasi seperti kelas online.

Layanan Zoom kerap menjadi pilihan karena versi gratis yang dimilikinya menyediakan ruang sampai 100 pengguna, bahkan tanpa perlu membuat akun. Namun, kasus zoombombing melanda dan aplikasi itu dinilai riskan.

Beberapa perusahaan lain pun meningkatkan layanan mereka. Baik Microsoft melalui aplikasi Teams dan Skype, maupun Facebook dengan Messenger Rooms. Google pun mengambil langkah cepat dan membuat aplikasi Google Meet menjadi gratis.

Tentang Google Meet

Kalau kamu merasa kurang familiar dengan nama ini, itu cukup wajar. Sebelum ini, aplikasi Google Meet dikenal dengan nama Hangout Meet. Ya, Google memang mengganti nama aplikasi ini, seperti juga mengganti Hangout Chat menjadi Google Chat.

Seperti di Zoom, kamu juga bisa menggunakan Google Meet untuk rapat online sampai 100 pengguna 250 orang (Google sudah meningkatkannya). Namun kamu harus memiliki akun Google. Ini memang langkah pengamanan supaya tidak semua orang sembarangan bisa bergabung.

Layanan video call dari Google ini bisa kamu akses melalui meet.google.com di browser atau melalui aplikasi Android (via Play Store) dan iOS (via App Store). Google Meet juga terintegrasi dengan aplikasi Kalender. Kalau kamu menerima undangan, kamu juga bisa bergabung dari sana.

Sekali lagi, saat ini kamu bisa memakai layanan Google Meet secara gratis tanpa batas. Namun setelah tanggal 30 Septermber 2020, durasi video call untuk akun personal akan terbatas selama 60 menit saja.

Dengan banyaknya pengguna Android, yang rata-rata memakai akun Google, penawaran ini tentu tidak akan menemui banyak kendala. Tinggal login dan pakai. Jadi, kalau kamu mencari alternatif aplikasi Zoom, kamu bisa mencoba Google Meet.

%d blogger menyukai ini: