Makin Panas! Facebook Rilis Messenger Room untuk Saingi Zoom

Kebutuhan aplikasi meeting semakin meningkat. Facebook pun akhirnya meluncurkan Messenger Room. Aplikasi ini diklaim sebagai pesaing Zoom!

Selama pandemi COVID-19, aplikasi meeting memang banyak diburu orang. Apalagi bagi mereka pekerja kantoran yang sering meeting dadakan.

Ada beberapa aplikasi meeting yang bisa digunakan. Tapi yang paling populer sampai sekarang adalah Zoom. Berniat saingi Zoom, Facebook kemudian ikut mengumumkan aplikasi meeting mereka, Messenger Room.

Aplikasi ini menyediakan fitur yang hampir sama seperti Zoom. Tapi Facebook mengklaim kalau aplikasinya lebih aman dari pada Zoom.

Facebook Rilis Aplikasi Messenger Room

Facebook telah resmi mengumumkan Messenger Room. Sebelumnya, Mark Zuckerberg juga telah mengumumkan fitur yang dimiliki aplikasi ini.

Sumber Gambar : The Verge

Pertama, aplikasi ini bisa dipakai untuk hangout virtual. Menariknya, aplikasi ini bisa dipakai 50 orang sekaligus lho. Lebih banyak dari Google Duo yang hanya bisa dipakai 12 orang, atau WhatsApp yang maksimal 8 orang.

Oya, aplikasi ini memungkinkan pengundang mengatur meeting secara terbuka atau tertutup lho. Ini akan mencegah orang yang tidak diundang bergabung ke dalam meeting.

Untuk memulai panggilan, pengundang bisa melakukannya dari Messenger atau Facebook. Setelah itu, Room akan menyebar undangan ke Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Orang yang diundang bisa bergabung dengan Room lewat undangan yang terkirim. Saat ada di Room, kalian bisa bermain dengan filter augemented reality (AR) dari Facebook, atau mengganti background ruangan kalian.

Sumber Gambar : The Verge

Sayangnya, Room tidak memakai enkripsi end-to-end seperti WhatsApp. Meski begitu, Facebook mengatakan kalau mereka tidak akan melihat atau mendengar meeting yang dilakukan pengguna.

Zuckerberg mengatakan kalau Room telah dirancang dengan pengaturan privasi yang kuat. Contohnya bisa mengunci meeting, sampai bisa mengeluarkan orang tertentu dari Room.

Sepertinya Room bisa jadi alternatif buat kalian yang takut akan bahaya Zoom. Tapi kalau pengen aplikasi yang bisa dipakai banyak orang, tetap masih menang Zoom. Karena Zoom bisa dipakai sampai 100 orang.

Sementara itu, Facebook juga baru saja meluncurkan Messenger Kids. Aplikasi ini dapat menghubungkan anak dengan keluarga atau temannya. Tapi tetap dalam pengawasan orang tua.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: