Diskon VPN terbaik: Klik di sini

53 Emoji Baru akan Ditambahkan Google ke Dalam Android Q

Google merilis 53 emoji baru bertema gender yang akan ditambahkan ke ponsel Pixel dengan Android Q beta. 53 emoji ini juga akan ditambahkan ke seluruh ponsel Android Q di akhir tahun ini.

Banyaknya jumlah emoji itu tentunya bukan tanpa alasan. Selain agar lebih lengkap, Google ingin emoji yang ada hadir dengan lebih universal.

Walau bertema gender, emoji tersebut justru tidak memihak jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Ada yang memang terlihat jelas karakteristiknya, namun ada juga yang bersifat lebih netral.

Google emoji

Sejak awal diciptakannya emoji, jumlahnya berkembang menjadi lebih dari 3000 dari 176 simbol asli yang dirilis pada tahun 1999 silam. Beberapa di antaranya ada simbol baru dan simbol-simbol yang telah dikombinasikan.

Sumber Gambar : Tekno Tempo.co

Diciptakannya emoji gender ini ternyata jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Pasalnya Google tidak mungkin memasukan semua kombinasi warna kulit dari setiap gender. Maka hal ini akan membuat satu emoji saja memiliki tampilan warna yang cukup banyak.

Kendala yang kedua adalah terkadang desain emoji memiliki jenis kelamin yang berbeda-beda dari setiap OS. Misalnya saja, desain Google untuk orang di sauna adalah perempuan, tetapi di iOS karakternya adalah laki-laki.

Dari sini membuktikan, bahwa jenis kelamin emoji dapat berubah ketika pesan dikirim antar platform, sehingga akan membuat si pengguna merasa bingung.

Sebenarnya pembaruan dari Google ini sudah mulai terlihat sejak tahun lalu pada Android Pie. Perlahan-lahan ia membuat emojinya bisa seperti laki-laki maupun perempuan. Istilah kerennya, gender fluid.

Sumber Gambar : Tek.id

Menurut penjelasan dari Jennifel Daniel selaku desainer Google, pembuatan gender dalam satu emoji itu sangatlah rumit.  Daniel mengatakan ini sangatlah mustahil untuk mengkomunikasikan gender dalam satu gambar.

Untuk sementara ini, 53 emoji baru dari Google ini  masih digunakan untuk produk Google saja. Itu artinya jika emoji ini dikirim ke ponsel non-Google mereka akan diberi jenis kelamin.

Namun, lambat laun semua perusahaan pasti akan memikirkan konsep yang serupa. Dalam jangka waktu cukup panjang nantinya semua emoji akan menjadi lebih universal. Tanpa menghilangkan emoji gender yang lama.

 

More Stories
Fakta Tersembunyi V, Karakter Misterius di Devil May Cry 5