Google Bersiap Rilis Chipset Sendiri Untuk Pixel dan Chromebook

Kabar menarik hadir. Google disebut bersiap merilis chipset untuk smartphone Pixel dan laptop Chromebook. Ini artinya ancaman bagi produsen chipset untuk perangkat bergerak, seperti Qualcomm dan MediaTek.

Kabar ini datang dari Axios. Mereka menyebutkan kalau Google berhasil membuat “kemajuan signifikan” pada pengembangan chipset buatan mereka sendiri. Chipset itu memiliki nama kode “Whitechapel” dan memiliki keping ARM 8-core.

Chipset ini dikembangkan bersama Samsung dan dibuat dengan arsitektur 5nm. Bocoran dari Axios ini juga menyebutkan kalau chipset tersebut dioptimalkan untuk teknologi machine-learning dari Google. Selain meningkatkan kemampuan AI, akan ada kemajuan pesat untuk fitur “Always-on” di Google Assistant.

Hal ini jelas menarik. Kenapa?

Google Pixel 4 XL dan iPhone 11 Pro Max (foto: Whooptous)

Saat ini, chipset smartphone masih didominasi oleh Qualcomm dengan jajaran Snapdragon miliknya. Di sisi lain, iPhone sering dianggap punya keunggulan karena memiliki chipset sendiri. Jadi jelas kalau Google akan mengambil langkah sama untuk memaksimalkan kinerja perangkatnya.

Pengembangan chipset sendiri memang bukan hal baru. Selain Apple, Samsung pun punya Exynos dan Huawei punya Kirin. Bahkan, Microsoft pun membuat versi mereka sendiri dengan bekerja sama dengan Qualcomm untuk Surface Pro X.

Hal menarik lain, Samsung yang bekerja sama dengan Google, juga membantu Apple mengembangkan chipset A14 dengan arsitektur 5nm. Samsung pun mengembangkan chipset Exynos mereka dengan teknologi serupa.

Namun Axios juga menyatakan kalau chipset ini belum akan dipakai di perangkat tahun ini. Kemungkinan baru akan digunakan tahun depan, baru kemudian disusul dengan versi untuk Chromebook.

Hm, kelihatannya Apple masih akan berada di depan untuk kecanggihan chipset. Yang pasti, kalau kabar ini menjadi nyata, Qualcomm akan mendapat pukulan besar. Mereka akan kehilangan salah satu ponsel bergengsi di portofolionya.

%d blogger menyukai ini: