Google Translate Uji Coba Fitur Baru, Bisa Terjemahkan Suara

Google saat ini tengah menguji coba fitur baru Google Translate. Fitur terbaru ini memungkinkan Google Translate menerjemahkan input suara.

Awal Desember 2019, Google meluncurkan Mode Interpreter di Google Assistant. Mode tersebut membuat Assistant bisa menerjemahkan obrolan bahasa asing secara langsung.

Kini Google kembali menguji coba fitur serupa untuk Google Translate. Fitur baru yang sedang diuji coba oleh Google dinamakan Continuous Translation.

Lalu seperti apa cara kerja dari fitur baru Google Translate? Inilah informasi selengkapnya tentang fitur Continuous Translation.

Sumber Gambar : XDA Developers

Fitur Baru di Google Translate

Google Translate adalah aplikasi penerjemah yang paling populer di dunia. Aplikasi ini sudah menjadi rujukan orang yang ingin menerjemahkan berbagai bahasa.

Dalam rangka meningkatkan kinerja Translate, Google kini menguji coba Continuous Translation. Fitur ini memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan Mode Interpreter milik Google Assistant.

Fitur ini memungkinkan kalian menerjemahkan ucapan dengan lancar di Google Translate. Itu artinya, kalian tidak perlu repot menulis kalimat atau kata yang ingin diterjemahkan.

Continuous Translation akan hadir sebagai ikon baru dan bertuliskan ‘Listen.’ Selain itu, fitur ini terletak di sebelah ikon Camera dan Conversation dalam aplikasi Translate.

Sumber Gambar : XDA Developers

Saat memilih ikon ‘Listen,’ kalian akan diarahkan ke tab baru. Di sana terdapat tombol mikrofon besar yang terletak di bagian bawah.

Seperti biasa, kalian bisa memilih bahasa di toolbar atas. Setelah itu, kalian cukup berbicara sambil menekan tombol mikrofon.

Aplikasi Translate secara otomatis akan menerjemahkan ucapan kalian. Google mengklaim bahwa Translate mampu menerjemahkan ucapan secara real-time dengan lancar.

Oya, halaman Listen juga memiliki menu pengaturan yang ada di sebelah tombol mikrofon. Menu ini bisa digunakan untuk mengubah ukuran teks yang diterjemahkan, tema, dan beralih menampilkan teks asli.

Sumber Gambar : XDA Developers

Sampai saat ini, fitur Continuous Translation masih dalam fase prototipe. Kemungkinan Google masih terus memperbaiki fitur ini sebelum resmi dirilis.

Sementara itu, jumlah bahasa yang didukung mode tersebut antara lain Arab, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Korea, dll. Jumlah bahasa kemungkinan bisa berubah ketika fitur diluncurkan secara resmi.