Google Uji Coba Fitur Bubbles di Aplikasi Messages Android 10

Google tengah menguji coba fitur Bubbles di aplikasi Messages. Dalam uji coba ini, Google Messages akan memiliki tampilan percakapan berbentuk gelembung.

Awal April 2019, Google resmi meluncurkan Android 10 Beta 2. Dalam versi Beta 2, Google memperkenalkan fitur Bubbles Notification (Notifikasi Gelembung) yang baru.

Fitur ini punya cara kerja mirip dengan obrolan di Facebook Messenger. Yakni ada gelembung mengambang saat percakapan sedang berlangsung.

Walau fitur ini tidak rilis secara final di Android 10, namun Google masih mengembangkan fitur ini. Bahkan fitur Bubbles tengah dikembangkan di aplikasi Google Messages Android 10.

Sumber Gambar : Google Messages

Fitur Bubbles di Google Messages Android 10

Google Messages selama ini menggunakan tampilan obrolan overlay. Tampilan itu telah dipakai bertahun-tahun. Oleh karena itu, sudah saatnya tampilan ini diganti.

Namun sampai sekarang API Bubbles masih dikembangkan. Oleh sebab itu, kita tidak bisa melihat Bubbles versi final di Android 10.

Selama ini pengguna Android 10 hanya dapat menikmati Bubbles dalam versi beta. Selain itu, fitur ini juga tidak bisa berjalan otomatis alias perlu diaktifkan manual.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna perlu mengakses β€˜Settings > Developer Options > Bubbles.’ Setelah itu fitur Bubbles baru bisa aktif.

Selain di Android 10 itu sendiri, Bubbles juga sedang diuji coba dalam aplikasi Google Messages. Fitur ini juga perlu diaktifkan manual untuk bisa digunakan.

Sumber Gambar : XDA Developers

Saat Bubbles diaktifkan, tampilan pesan akan berubah. Semua pesan yang masuk akan muncul dalam bentuk gelembung.

Tidak hanya itu, fitur ini juga akan memunculkan gelembung notifikasi di tepi layar. Notifikasi yang masuk lengkap dengan foto kontak, ikon aplikasi, serta pratinjau pesan.

Uniknya, saat notifikasi tidak disentuh, maka pratinjau pesan akan hilang. Sebagai gantinya, pratinjau pesan akan digantikan oleh titik notifikasi.

Dilansir dari XDA Developers, pratinjau pesan di Google Messages mirip dengan WhatsApp. Itu artinya, kalian bisa membalas percakapan tanpa perlu pindah ke aplikasi Google Messages.

Sumber Gambar : XDA Developers

Lalu bagaimana cara menghilangkan notifikasi Bubbles? Kalian cukup tap dan tahan ikon Google Messages. Lalu seret ke ikon β€˜X’ seperti gambar di atas.

Selain itu, kalian juga bisa menonaktifkan gelembung obrolan di pengaturan aplikasi. Di sana, kalian akan menemukan toggle untuk mematikan atau menghidupkan Bubbles di Google Messages.

Sumber Gambar : XDA Developers

Sampai saat ini Google belum memberikan informasi tentang fitur ini. Tapi kemungkinan Bubbles versi akhir tidak akan hadir di Android 10, melainkan di Android 11 yang akan datang.