Google Workspace Essential Starter Edition: Fitur Bisnis, Harga Gratis

Anom Penulis

Google Workspace dengan fitur bisnis kini tersedia dengan pilihan penggunaan gratis. Kamu yang menggunakan email bukan Gmail (misalnya email kantor) bisa berkolaborasi dengan memakai Google Docs, Sheets, Slides, Drive, Chat, Meet, dll. Pilihan pemakaian gratis ini bernama Google Workspace Essential Starter Edition.

Ya, kamu memang bisa memakai Google Workspace individual atau berbagi file Google Docs dengan teman. Tapi kamu harus punya akun Gmail. Kini, jika kamu ingin memakai email selain Gmail, kamu bisa menikmati fitur kolaborasi dengan lebih leluasa secara gratis.

Google mengumumkan ini di blog resmi. Mereka menyebutkan dengan paket ini, kamu bisa menikmati berbagai layanan Google tersebut di atas, secara gratis. Namun tanpa dukungan Gmail. Artinya, kalau tim kerjamu punya akun email kantor sendiri — misalnya dengan Exchange, Zoho, atau apapun — kamu tetap bisa memakai layanan Google itu.

Cara Menggunakan Google Workspace Essential

Ini yang perlu kamu lakukan jika ingin memakai paket Google Workspace gratis tanpa Gmail.

  1. Mendaftar dengan akun email milikmu di workspace.google.com/essentials.
    Kamu bisa mendaftar gratis tanpa perlu membayar atau memasukkan kartu kredit.
  2. Undang teman atau rekan untuk mulai berkolaborasi.
  3. Mulai berkolaborasi.

Karena gratis, tentu ada batasan penggunaan tertentu. Google menyebutkan kalau paket gratis ini bisa digunakan oleh tim sampai dengan 25 pengguna. Lalu, masing-masing akan mendapat jatah 15GB penyimpanan Google Drive (versi berbayar 1TB).

Kemudian, versi gratis ini juga hanya mendukung konferensi online sampai 100 orang, tidak bisa melakukan migrasi data dari layanan lain (misalnya dari Exchange), dan berbagai fitur administrasi kelas bisnis lain.

Google menyebutkan kalau paket Workspace Essential Starter ini bergulir mulai pertengahan Februari 2022.

Kerja Kolaborasi dengan Layanan Google

Sebagian orang memang melakukan kolaborasi dengan berbagai layanan, misalnya aplikasi manajemen proyek atau aplikasi chatting untuk tim. Tapi kemungkinan besar semuanya terpisah-pisah.

Nah, dengan Google Workspace Essential Starter Edition ini, kamu bisa melakukan semuanya di dalam satu layanan. Walau tanpa akun Gmail.

Memang, kelihatannya penawaran Google ini bertujuan agar pengguna umum bisa mencicipi layanan Workspace. Sehingga nantinya jika merasa nyaman, mereka bisa upgrade ke versi berbayar.

Jadi, berminat mencoba?

    %d blogger menyukai ini: