Govee Temperature and Humidity – Monitor Tanaman yang Akurat

Tumbuhan mati bisa karena suhu dan kelembaban yang tidak sesuai. Salah satu alat yang membantu adalah monitor Govee yang bisa memantau suhu dan kelembaban tanaman.

Setiap orang meletakkan tanaman mereka di tempat yang berbeda-beda. Ada yang menaruh tanaman di tempat kering, lembab, terang, dll.

Masing-masing tempat memiliki suhu dan tingkat kelembaban yag berbeda. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi perkembangan dan umur tanaman.

Suhu dan kelembaban yang tidak tepat membuat tanaman mudah mati. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan monitor tanaman Govee Wi-Fi Temperature and Humidity.

Monitor Tanaman Govee Wi-Fi Temperature and Humidity

Sumber Gambar : Deal News

Govee adalah alat pemantau tamanan berbentuk kecil. Alat ini akan memberikan laporan seputar suhu dan kelembaban tanaman.

Monitor ini menawarkan berbagai fitur yang dapat dikendalikan melalui smartphone. Perangkat ini bekerja menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi.

Desain

Sumber Gambar : Amazon

Di samping monitor, kalian akan menemukan dudukan kecil yang terdiri dari dua bagian. Dudukan itu bisa digunakan untuk meletakkan sensor di permukaan datar, atau di dinding.

Mayoritas pengguna lebih suka menggantung alat ini di tanaman. Terutama untuk tanaman yang ada di rumah kaca, mereka punya banyak tiang penyangga dibanding rak atau dinding.

Dalam satu paket pembelian Govee, kalian akan mendapat tiga baterai AAA. Tentunya kalian bisa mengganti mereka dengan baterai isi ulang jika diinginkan.

Sementara itu, di bagian depan perangkat terdapat layar LCD kecil. Layar ini akan menampilkan suhu dan kelembaban tanaman.

Fitur

Sumber Gambar : Amazon

Bluetooth dan WiFi

Monitor tanaman Govee memiliki chip komunikasi Bluetooth dan Wi-Fi. Agar bisa bekerja, maka kalian harus mengaktifkan Bluetooth dan WiFi secara bersamaan.

Setelah terhubung ke Wi-Fi, akan ada pembaruan dan notifikasi rutin. Agar dapat mengatur Wi-Fi, mengubah ambang suhu dan kelembaban, kalian harus ada di jangkauan Bluetooth.

Data Logging dan Grafik Cantik

Monitor ini tidak hanya memberi notifikasi saat ambang suhu melebihi target. Tapi Govee secara otomatis akan mencatat perkembangan suhu dan kelembaban.

Kalian bisa memperkecil, memperbesar dan scroll grafik yang ada. Dengan begitu kalian bisa melihat perkembangan tanaman dari waktu ke waktu.

Semua data yang ditulis oleh Govee sangat rapi. Pengguna juga bisa mengimpor data CSV tersebut ke komputer.

Alarm

Govee secara otomatis akan menghidupkan alarm saat suhu atau kelembaban tidak sesuai. Alarm ini akan terus menyala hingga suhu dan kelembaban kembali normal.

Walau alarm Govee hampir tidak pernah meleset, tapi hal ini dapat menguras baterai. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya membatasi notifikasi alarm.

Apa Groove Harus Dibeli?

Perangkat berukuran mini ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 700.000. Sekilas memang terasa mahal, tapi jika dilihat dari fitur yang ditawarkan maka harga tersebut telah sebanding.

Monitor tersebut sangat cocok bagi para penggiat agrobisnis, seperti di pertanian atau di perkebunan. Sebab alarm suhu dan kelembaban dari monitor ini sangat akurat.

Sayangnya, alat ini bekerja menggunakan WiFi. Padahal saat ini penggunaan WiFi di area perkebunan masih jarang, terutama di Indonesia.

Bagi petani lokal, mungkin akan kesulitan dalam menggunakan alat ini. Tapi jika bisa memasang Wi-Fi di area perkebunan, Govee pasti dapat diandalkan.