Susah Tidur? Gunakan Tweak iPhone Ini Untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Apa kalian pengguna iPhone dan merasa tidur kurang berkualitas? Selain aplikasi meditasi, cobalah tweak iPhone berikut ini untuk tingkatkan kualitas tidur.

Tidur adalah rutinitas harian semua orang. Sayangnya, banyak orang sering bangun tidur dengan keadaan lemas, kehilangan motivasi, dan tidak semangat.

Nah, hal di atas adalah tanda tidur yang tidak berkualitas. Tapi tahu kah kalian? Penggunaan iPhone rupanya bisa mengurangi kualitas tidur lho.

Cahaya biru dari layar akan membuat kalian susah tidur. Sementara itu, beberapa aplikasi akan membuat kalian malas tidur. Belum lagi, notifikasi yang masuk kadang juga mengganggu tidur malam.

Jika kalian ingin memperbaiki kualitas tidur, saya akan bagikan solusinya. Kali ini saya akan berbagi tweak iPhone untuk tingkatkan kualitas tidur. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Tweak iPhone untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Pasang Regular Bedtime di Aplikasi Clock

Sumber Gambar : Make Us Of

Manusia butuh waktu tidur antara 7-9 jam per malam. Idealnya, kalian harus bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Ini akan melatih tubuh untuk tidur lebih cepat dan bangun dalam keadaan segar.

Sayangnya banyak orang tidak memperhatikan waktu tidur mereka. Namun kini kalian bisa menerapkan patokan tidur menggunakan fitur Regular Bedtime di aplikasi Clock.

  • Buka aplikasi Clock.
  • Pilih menu ‘Bedtime > Schedule.’
  • Sesuaikan waktu tidur yang kalian inginkan.
  • Sebagai contoh, kalian bisa menerapkan waktu 7,5 atau 9 jam.
  • Setelah itu, kembalilah ke tab Bedtime.
  • Tap menu ‘Options.’
  • Nyalakan ‘Bedtime Reminder’ sebagai pengingat waktu tidur.

Nyalakan Dark Mode dan Night Shift

Sumber Gambar : Make Us Of

Ada banyak orang yang merasa belum ngantuk, padahal waktu sudah larut malam. Hal ini kadang juga terjadi kepada saya.

Masalah di atas bisa disebabkan oleh cahaya terang dari layar iPhone. Cahaya tersebut membuat otak berpikir seolah-olah waktu masih siang.

Ketika kalian melihat layar di malam hari, otak akan berpikir bahwa hari masih siang. Hal tersebut membuat otak berhenti melepaskan melatonin (zat yang membuat kita merasa ngantuk).

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengaktifkan Dark Mode dan Night Shift. Aktifkan fitur ini setidaknya satu jam sebelum kalian tidur.

Kenapa harus mengaktifkan fitur ini? Dark Mode akan menghilangkan layar putih. Sementara Night Shift akan mengurangi cahaya biru yang berasal dari aplikasi.

  • Buka ‘Settings > Display & Brightness.’
  • Di bawah opsi Light and Dark Mode, aktifkan ‘Authomatic.’
  • Setelah itu, tap menu ‘Options’ untuk mengatur jadwal.
  • Kembalilah ke pangaturan ‘Display & Brightness.’
  • Ketuk menu ‘Night Shift > Scheduled.’
  • Atur Scheduled agar menyala satu jam sebelum tidur.
  • Geser temperatur warna menjadi ‘More Warm.’

Aktifkan Fitur ‘Do Not Disturb’ Saat Tidur

Sumber Gambar : Make Us Of

Apa tidur kalian sering terganggu saat ada notifikasi masuk? Jika iya, maka saya sarankan kalian untuk menggunakan fitur ‘Do Not Disturb.’

  • Buka ‘Settings > Do Not Disturb.’
  • Aktifkan opsi ‘Scheduled.’
  • Setelah itu, atur ‘Quiet Hours’ sesuai selera.
  • Aktifkan juga opsi ‘Dim Lock Screen.’

Jika kalian khawatir kehilangan panggilan darurat, scroll layar ke bawah. Setelah itu, tapAllow Calls From.’ Kalian bisa pilih, mau mengizinkan panggilan dari ‘Everyone (semua orang)’ atau ‘Favorit.’

%d blogger menyukai ini: