4 Hal Yang Bisa Membuat Ponsel Meledak

5a7fcc57935b31518324823-stop

Membahas soal ponsel yang meledak, mungkin sebelumya kalian pernah mendengar sebuah ponsel dari Samsung yang tiba-tiba saja meledak sendiri hingga ponsel tersebut terbakar.

Dan baru-baru ini ternyata hal tersebut kembali terjadi, namun kali ini bukan datang dari brand Samsung, melainkan dari brand terkenal yaitu Apple.

Seseorang dari Amerika bernama Rahel Mohamad, yang memiliki sebuah ponsel iPhone X tiba-tiba meledak setelah sebelumnya meng-update iOS 12.1.

Ia mengatakan jika tiba-tiba saja ponsel miliknya megeluarkan asap abu-abu saat sedang melakukan update, setelah itu ponsel menyala dan diliputi api.

Ternyata ini bukan pertama kalinya Apple mendapatkan komplain yang sama terkait dengan ledakan semacam ini, dan sampai sekarang Apple masih terus menyelidiki masalah tersebut.

Untuk masalah lebih jelasnya lagi, memang belum ada kabar yang pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi, namun akhirnya munculah beberapa spekulasi yang menjadi penyebab utama. Biasanya masalah tersebut disebabkan karena baterainya yang bermasalah.

Beirut beberpa hal yang bikin baterai kamu rusak dan membuat ponsel meledak.

Terjatuhnya ponsel dan merusak baterai

Sumber Gambar : infounik24

Hal pertama yang sangat berpengaruh adalah terjatuhnya ponsel dan akhirnya terjadi kerusakan pada baterainya.

Namun rusaknya baterai tersebut justru tidak terlalu diperhatikan, banyak orang yang pergi ke tempat perbaikan hanya untuk memperbaiki layar yang pecah atau sebagainya.

Padahal saat ponsel terjatuh, hal tersebut bisa mengubah mekanis dalam atau mengubah struktur kimiawi dalam baterai, jika tidak diperhatikan bisa saja akan menyebabkan kegagalan sirkuit.

Dan perubahan fisik yang terjadi pada baterai yang mengalami kerusakan adalah baterai mengembung, berubah bentuk atau mengalami overheating, atau bisa saja panas yang terus menerus saat digunakan.

Suhu yang panas

Sumber Gambar : neton.id

Ponsel-ponsel terbaru seperti yang ada dipasaran saat ini memang sudah dilegkapi dengan fitur untuk memastikan baterai ponsel tidak mengalami overheating.

Namun meskipun terdapat fitur semacam itu, tetap perlu diingat untuk terus menjaga suhu ponsel itu sendiri.

Ponsel yang overheating ternyata dipengaruhi berbagai hal, yaitu menjalankan grafis yang terlalu berat, menggunakan aplikasi yang terlalu membebani CPU, widget yang berjalan terus menerus, melakukan panggilan dalam jangka waktu yang lama, dan koneksi Wifi atau seluler yang hidup terus menerus.

Dan suhu udara yang panas juga menjadi salah satu alasan mengapa ponsel bisa mengalami overheating, bahkan suhu yang panas juga akan menambah keparahan ponsel.

Menggunakan charger yang salah

Sumber Gambar : Inet Detik

Untuk spekulasi yang ketiga ini memang seringkali dilakukan kabanyakan orang, tak sedikit orang yang menggunakan charger tanpa memikirkan terlebih dahulu kualitas dari charger tersebut bagus atau tidak.

Saat menggunakan charger yang salah, ponselmu bisa semakin bertambah panas melebihi seperti biasanya.

Apalagi jika ditambah dengan panasnya udara yang sangat mendukung, bisa saja ponsel tersebut meledak di dapan wajahmu.

Jadi mulai sekarang berinvestasilah lebih untuk charger yang kamu gunakan agar memiliki kualitas yang baik.

Ponselmu basah

Sumber Gambar : alray.ps

Spekulasi selanjutnya adalah karena ponselmu basah, tentu hal ini sangat masuk akal jika menyebabkan ponselmu meledak.

Baterai yang ada diponselmu adalah berbahan lithium, dan jika lithium ini terkena langsung dengan air ataupun uap air, maka lithium tersebut akan terbakar.

Meskipun baterai ponsel memiliki pelindung yang dapat melindungi baterai dari kontak air, namun usahakan sebisa mungkin untuk menghindarkan ponsel dari air.

Karena tidak ada yang tahu pasti kapan air bisa merembes mengenai baterai ponsel dan akhirnya terkena lithium bateraimu.

Jadi mau tidak mau kamu harus pintar-pintar menjaga ponsel untuk meminimalisir terjadinya kerusakan hingga ledakan pada ponsel.

Ada komentar?