Kenali Halaman Eksplorasi Instagram Yang Baru

new explore instagram

Di acara F8 2018, Instagram mengumumkan beberapa fitu baru. Salah satu fitur itu adalah halaman eksplorasi atau pencarian baru. Halaman ini menghadirkan topik sebagai salah satu cara melihat konten.

Sudah bukan rahasia lagi kalau halaman eksplorasi sering kita pakai untuk mencari hal baru di Instagram. Dari sini, kita bisa menemukan konten menarik dan mengikuti pengguna lain. Beberapa waktu lalu, Instagram sudah memberikan fitur untuk mengikuti hashtag. Dengan halaman eksplorasi baru ini, Instagram mempermudah proses tersebut.

Sekarang, kalau kamu membuka halaman eksplorasi atau pencarian, kamu sudah bisa melihat perubahannya. Di bawah kotak pencari, ada bagian baru yaitu jajaran foto dengan masing-masing channel topik atau tema.

Channel yang langsung tampil adalah “For You“. Channel ini berisi gabungan konten yang dibuat berdasarkan ketertarikanmu (apa yang selama ini kamu lihat di Instagram). Lalu, di sampingnya, kamu akan melihat berbagai topik lain. Kalau kamu tekan salah satu topik, konten di bawah akan berubah mengikuti topik tersebut.

eksplorasi instagram baru dengan channel topik

Di bawah jajaran thumbnail channel topik itu, kamu bisa melihat berbagai hashtag yang berhubungan dengan topik tersebut. Lalu kamu bisa menekan salah satu hashtag untuk melihat isinya (akan tampil seperti profil) dan mengikuti hashtag tersebut.

Kalau kamu tidak tertarik dengan salah satu topik, kamu bisa menurunkan prioritasnya. Caranya adalah tekan agak lama topik tersebut sampai keluar pop-up menu. Kemudian tekan “Senyapkan Topik”. Maka topik tersebut akan tergeser ke paling kanan dan warna thumbnail jadi lebih pudar. Kamu masih bisa melihat isinya, namun di jajaran topik prioritasnya sudah di paling akhir.

Halaman eksplorasi baru ini memang lebih jelas daripada yang lama. Karena kamu bisa melihat, memilih, dan mengikuti apa yang benar-benar kamu sukai. Tidak perlu melihat apa yang tidak menarik.

Halaman eksplorasi Instagram baru ini juga menunjukkan bagaimana aplikasi ini sudah bukan sekedar untuk berbagi foto dan video saja. Tapi sudah lebih kental sisi media sosialnya. Toh, yang tidak kalah menarik, Instagram juga merilis video chat bersama fitur ini untuk tetap membuat kamu akrab dengan sahabat.