Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Harga Langganan Apple Music, TV+, dan Paket One Di Indonesia Naik, Cek Yang Baru

apple tv plus ipad
Anom Penulis

Bersiap-siaplah kamu yang berlangganan layanan Apple. Karena harga langganan Apple Music, Apple TV+, dan paket bundle Apple One naik, termasuk di Indonesia.

Apple sendiri tidak memberi pengumuman resmi perihal kenaikan harga ini. Berdasar situs 9to5mac, kenaikan ini beragam untuk tiap layanan.

Untuk harga langganan Apple Music, kenaikannya sekitar $1 untuk individu dan $2 untuk keluarga. Untuk Apple TV+ kenaikannya sekitar $2. Lalu, untuk paket Apple One, kenaikannya sekitar $3.

Situs 9to5mac, juga menyebutkan kalau kenaikan harga langganan Apple Music, TV+, dan One ini merupakan yang pertama kali terjadi di Amerika Serikat.

Menurut juru bicara Apple, kenaikan harga ini disebabkan karena naiknya lisensi konten. Selain itu, Apple juga menambah koleksi film dan serial di Apple TV+.

Bagaimana dengan biaya layanan Apple di Indonesia?

Naiknya Harga Langganan Apple Music, Apple TV+, dan Apple One di Indonesia

Inilah harga langganan layanan Apple di Indonesia berdasar situs resmi.

Harga Apple Music

  • Pelajar — Rp35.000/bulan
  • Perorangan — Rp55.000/bulan
  • Keluarga — Rp85.000/bulan

Harga Apple TV+

  • Rp99.000/bulan

Harga Apple One

  • Individu — Rp139.000/bulan
  • Keluarga — Rp179.000/bulan
  • Premium — Rp299.000/bulan
screenshot layanan di apple one

Memang ada kenaikan harga yang terjadi. Sebelum ini, harga langganan Apple TV+ adalah Rp69.000/bulan. Jadi naik dengan selisih Rp30.000.

Kemudian, harga paket Apple One untuk Individu naik dari Rp115.000 ke Rp139.000. Ada selisih Rp24.000. Lalu paket Keluarga naik dari Rp155.000 ke Rp179.000. Selisih harganya juga Rp24.000.

Persaingan Layanan Streaming

Kenaikan harga ini memang membuat pelanggan harus mempertimbangkan apa yang ia pilih. Walau begitu, Apple nampaknya yakin dengan layanannya yang kompetitif.

Di Apple Music, Apple menawarkan beberapa keunggulan, misalnya audio lossless dan audio spasial dengan Dolby Atmos. Walau begitu, Apple Music jelas mendapat perlawanan keras dari Spotify.

Baca Juga:  Serial Drakor "Pachinko" Segera Tayang di Apple TV+

Sedangkan untuk layanan streaming Apple TV+, yah… untuk bidang ini Apple memang kalah populer dibanding layanan streaming lain. Terutama dalam penawaran konten di dalamnya.

screenshot apple tv+

Netflix, yang merupakan layanan populer, mendapat persaingan dari Disney+ dan Prime Video. Belum lagi dengan HBO Max (di Indonesia tersedia HBO Go). Netflix sendiri saat ini sedang sibuk membenahi paket langganan mereka, termasuk menawarkan paket lebih murah dengan adanya iklan.

Di tengah resesi yang melanda dunia, kenaikan harga terlihat wajar, walau menyeramkan. Untuk itu, kita memang perlu melihat lebih jauh apakah konten di dalam layanan bersangkutan sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Apple memang mengandalkan ekosistem perangkat dan layanan mereka. Kalau kamu memiliki beberapa perangkat Apple, misalnya iPhone dan Macbook, mungkin masuk akal kalau kamu juga berlangganan Apple One.

Berlangganan Apple Music mungkin masih cukup masuk akal melihat koleksi lagu di dalamnya. Juga melihat fitur yang ada. Apalagi jika kamu juga punya AirPods. Jadi walau harga langganan Apple Music naik, mungkin masih bisa dipertahankan.

Tapi agak berbeda dengan Apple TV+ yang nampaknya masih kurang nonjok. Koleksi film dan serial di dalamnya masih belumlah selengkap Netflix atau Prime Video (yang juga sedang gencar di Indonesia).

Jadi dengan kenaikan harga langganan Apple Music, Apple TV+, dan paket Apple One ini, pengguna perangkat Apple harus lebih jeli lagi menimbang keputusan mereka.

Apakah hal ini akan berimbas pada popularitas layanan Apple? Apakah ini akan membuat konsumen pindah ke layanan streaming lain? Tentunya hal ini masih harus kita lihat dalam beberapa waktu mendatang.

Semoga saja Apple terus menambah koleksi lagu, film, dan serial di dalam layanan mereka. Sehingga yang sudah berlangganan tidak merasa rugi.

Baca Juga:  Rumor: iPhone SE Mendatang Sama Seperti iPhone XR

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga seorang pelanggan layanan Apple? Apakah kamu tetap bertahan, atau pindah dan mencari yang lebih murah?


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasigame, atau tutorial lain dari saya, Anom.

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected]