Hati-hati! 5 Benda Ini Ternyata Dapat Mengintai Aktivitas Kalian

Apakah kalian pernah berpikir jika benda-benda sepele ternyata dapat mengawasi aktivitas? Yup, berikut ini ada 5 benda yang dapat mengintai aktivitas.

Mungkin jika menyinggung masalah hacker, yang terlintas di pikiran adalah komputer, ponsel, webcam, dll. Tapi apakah kalian yakin hanya itu saja?

Sebenarnya, ada berbagai benda yang terlihat biasa tapi justru bisa digunakan para pengintai. Apalagi zaman canggih seperti sekarang, urusan intai-mengintai adalah hal yang mudah.

Walaupun tidak dapat mencegah proses pengintaian, setidaknya kalian bisa mewaspadai benda-benda tertentu. Berikut ini beberapa benda yang dapat mengintai aktivitas:

Earphone

Sumber Gambar : Gigazine

Kalian tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Earphone adalah benda yang biasa digunakan untuk mendengarkan lagu maupun telepon.

Earphone yang dikira tidak berbahaya, justru bisa mengintai pemiliknya. Hal ini karena earphone pada dasarnya adalah mikrofon.

Benda ini dapat dimanfaatkan menjadi sebuah mikrofon pengintai. Biasanya pengintai akan memasang malware di komputer, kemudian mereka bisa mendengar setiap pembicaraan melalui earphone.

Mainan Anak

Sumber Gambar : Night Helper

Ada banyak film menggambarkan mainan yang dapat mengintai pemiliknya. Rupanya hal ini juga bisa terjadi di dunia nyata.

Salah satu kasus pengintaian melalui mainan anak dimulai dari Genesis. Itu adalah perusahaan mainan yang ketahuan mengintai anak-anak melalui boneka bernama My Friend Cayla.

Boneka ini bahkan bisa menerjemahkan percakapan menjadi teks. Setelah itu, boneka itu akan mengirim pesan kepada pihak ketiga.

Lampu LED

Sumber Gambar : Elara by Group

Kasus pengintaian melalui lampu LED terjadi di New Jersey, Amerika Serikat. Ternyata ada sensor yang terhubung ke kamera pengintai yang ditempatkan pada lampu jalanan.

Ternyata lampu pengawas tersebut memiliki fungsi yang sama seperti CCTV. Tapi bayangkan jika lampu pengawas itu ada di rumah dan mengawasi setiap gerak-gerik kalian. Hm, mengerikan.

Mouse

Sumber Gambar : Swift Point

Perangkat komputer memang yang paling banyak digunakan dalam hal pengintaian. Tapi banyak orang tidak menduga jika mouse bisa digunakan untuk mengintai.

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2012, tepatnya di Singapura. Sebuah perusahaan dilapoorkan karena mengintai pegawai menggunakan berbagai gadget.

Perusahaan itu mengintai pegawai menggunakan jam beker, kalkulator, hingga mouse komputer. Ada sebuah mikrofon dan SIM card built in di dalam mouse.

Mouse tersebut dapat mendengarkan percakapan dalam radius 10 meter. Hal ini tentu saja menggemparkan hampir semua pegawai dalam perusahaan.

Robot Vacuum

Sumber Gambar : Home Depot

Ini adalah alat yang sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Tapi apakah kalian pernah berpikir jika benda tersebut dapat mengintai aktivitas?

Robot vacuum dengan Google Assistant dapat membuat peta rumah saat mereka bersih-bersih. Hal ini akan memudahkan robot saat membersihkan rumah.

Tapi ternyata peta buatan ini dibagikan ke smart device lain yang dipegang Google. Mengetahui fakta ini, banyak pengguna robot vacuum yang merasa tidak nyaman.

%d blogger menyukai ini: