Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPad Pro Baru Siap Rilis, 3 Fitur Mewah Ini Siap Datang!

ipad pro baru
Sumber: Notebook Check
Indri Penulis

iPad Pro baru siap diumumkan Apple dalam ‘hitungan hari.’ Tablet terbaru Apple ini digadang-dagang akan sajikan desain yang mewah dan elegan.

Apple terakhir meluncurkan iPad Pro generasi terbaru pada bulan April 2021. iPad Pro 2021 diklaim sebagai ‘tablet terkuat yang pernah ada.’ Pasalnya tablet ini ditenagai oleh chipset M1.

Setelah iPad Pro 2021 rilis, fokus utama pengguna adalah menunggu iPad Pro 2022 rilis. Mayoritas penggemar tentu penasaran seperti apa desain dan spesifikasi iPad Pro 2022.

Bocoran Fitur Terbaru iPad Pro Baru

Baru-baru ini ada kabar terbaru yang berasal dari Mark Gurman, Bloomberg. Gurman membocorkan beberapa fitur yang akan dihadirkan oleh iPad Pro baru.

Menurut temuan Gurman, akan ada iPad Pro 2022 yang terdiri dari dua model. Kedua model tersebut berukuran 11-inci dan 12,9-inci (pakai mini-LED) dengan masing-masing nama kode ‘J617’ dan ‘J620.’

ipad pro baru
Sumber: 9to5mac

Kedua tablet di atas akan menjadi pembaruan pertama untuk iPad kelas atas sejak April 2021. Seperti yang kita tahu, iPad Pro 2021 ditenagai oleh chipset M1 dan menggunakan mini-LED 12,9 inci.

Lalu seperti apa bocoran spesifikasi dan fitur menarik yang akan ditawarkan iPad Pro 2022? Mari kita simak.

Ditenagai Chipset M2

iPad Pro 2022 digadang-gadang akan ditenagai oleh chipset M2. Penerus chipset M1 ini diklaim mampu menawarkan kinerja yang lebih cepat. Tidak hanya itu, M2 kabarnya juga bisa mendukung teknologi pengisian daya baru.

Sedikit flashback, M1 bukan sekedar chipset biasa. Sama seperti chipset di smartphone, di dalam M1 terdapat keping lain. Misalnya GPU (kartu grafis terintegrasi) dan juga pengolah Neural Engine.

M1 dibuat dengan proses arsitektur 5nm, sama seperti chipset A14 Bionic di iPhone. Untuk fiturnya M1 mendukung streaming video 4K, render gambar 3D, memiliki ISP, sistem Secure Enclave, dll.

Baca Juga:  Mengenang Berbagai Tipe iPod dari Tahun 2001-2019

Sedangkan chipset M2 jelas akan berbeda. Chipset ini akan dibuat menggunakan node proses 4nm. Selain itu, performa dan kecepatannya diklaim lebih unggul dari pendahulunya. Kalau chipset ini dipakai ke iPad Pro 2022, mungkin pengguna bisa menaruh ekspektasi tinggi.

Dukung Wireless Charging

iPad Pro 2022 diprediksi akan mendukung kemampuan wireless charging MagSafe. Ya, ini adalah kemampuan yang sama dengan iPhone dan iPad generasi baru Apple.

Selain itu, iPad Pro 2022 kabarnya juga akan mendukung kemampuan reverse wireless charging. Dukungan ini memungkinkan iPad Pro 2022 menjadi powerbank perangkat Apple lainnya. Contohnya iPad Pro 2022 bisa dipakai untuk mengisi daya iPhone atau AirPods.

Hadir dengan iPadOS 16

Rumor perangkat yang mendapat iPadOS 16 sudah mencuat sejak Juni 2022. Di antara beberapa perangkat yang akan mendapat iPadOS 16, ada iPad Pro 2022.

Lalu seperti apa fitur iPadOS 16 nantinya? iPadOS 16 kabarnya akan hadir dengan fitur yang lebih menunjang produktivitas. Contohnya fitur Freeform, tools baru di Mail, fitur anyar di Message, iCloud Share Photo Library, fitur kolaborasi di Safari, aplikasi Weather, dll.

Dengan berbagai fitur yang disajikan iPadOS 16, dipastikan iPad Pro 2022 akan semakin menarik. Selain tampilan interface-nya yang berubah, iPad Pro 2022 akan semakin handal menunjang produktivitas. Apalagi dilihat dari fitur-fitur di atas yang sangat cocok untuk para pekerja.

iPad akan Jadi Smart Screen dengan Dock Baru

Mark Gurman tidak hanya membocorkan spesifikasi iPad Pro 2022. Namun Gurman juga turut menyinggung kemungkinan Apple bikin iPad jadi smart screen.

Gurman membeberkan kalau Apple saat ini tengah mengerjakan dock untuk iPad. Dock tersebut memungkinkan iPad berfungsi sebagai layar dan speaker pintar. Cara kerjanya hampir mirip dengan Amazon Echo Show yang bisa ditaruh di atas meja atau nakas.

Baca Juga:  Rumor Apple Beli MU Bikin Jagat Maya Panas, Benar Jadi?

Dock iPad kabarnya juga bekerja dengan cara yang sama. Kemungkinan besar dock ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan via FaceTime. Pengguna juga bakal mendapatkan kontrol hands-free dari perangkat smarthome.

Pertanyaannya, apakah iPad Pro 2022 akan hadir dengan dock baru? Sepertinya tidak. Mark Gurman mengatakan bahwa pengenalan fitur tersebut baru dilakukan paling cepat tahun depan. Sedangkan yang seperti kita tahu, iPad Pro 2022 diprediksi akan hadir sebelum akhir Oktober 2022.

Itu dia beberapa kabar terbaru dan bocoran spesifikasi iPad Pro baru. Sayang sekali tablet tersebut sepertinya tidak akan diumumkan lewat acara khusus seperti biasa (bakal diumumkan via website). Tapi sepertinya semua akan terbayar tuntas dengan berbagai spesifikasi yang akan iPad Pro 2022 tawarkan. Jujur kalau saya sih paling menantikan penampilan iPadOS 16 di iPad Pro 2022. Kalau kamu, fitur mana yang paling kamu tunggu?