Huawei Mengumumkan EMUI 10 Berbasis Android Q

Pada acara Huawei Developer Conference 2019 (HDC 2019) di Cina, Huawei mengumumkan EMUI 10 berbasis Android Q. Skin Android dari Huawei ini pun mendapat fitur baru.

Memang ada beberapa pengumuman menarik dari HDC 2019. Selain EMUI 10 ini, sebelumnya Huawei juga mengumumkan sistem operasi Harmony OS. Karena Huawei masih berniat memakai Android untuk smartphone, begitulah EMUI terus mendapat perkembangan di generasi berikutnya.

Fitur EMUI 10

Karena EMUI 10 dibangun berdasar Android Q, Maka beberapa perubahan terbesarnya mengikuti sistem operasi Android terberu tersebut. Termasuk tampilan antar muka yang lebih baru, mode gelap secara menyeluruh, animasi yang lebih seru, performa yang lebih bagus, dll.

Salah satu hal menarik lain adalah fitur baru yang disebut multi-screen collaboration. Fitur ini membuat kamu bisa mengintegrasikan ponsel Huawei ke PC, dan menghadirkan tampilan smartphone di layar PC secara langsung.

Dengan begitu, kamu bisa mengakses semua berkas yang ada di ponsel dan bisa melakukan tindakan untuk handphone dari PC. Walau pendekatannya berbeda, konsep ini punya tujuan yang serupa dengan apa yang dilakukan Microsoft melalui aplikasi Your Phone Companion.

huawei emui 10 multi-screen collaboration
Multi-screen collaboration

Selain dengan PC, fitur HiCar juga akan menghubungkan ponsel Huawei dengan sistem di mobil (kalau mendukung). Kamu bisa mengontrol musik, navigasi, dan beberapa fungsi lain.

Smartphone yang Mendapat Pembaruan EMUI 10

Huawei menyebutkan kalau Mate 30 yang akan segera dirilis akan mendapat EMUI 10 berbasis Android Q secara bawaan. Sedangkan pengguna Huawei P30 bisa mendapat Android Q versi beta pada tanggal 8 September.

Memang belum ada kabar lebih detil mengenai smartphone lain yang akan mendapat update EMUI 10. Namun sebelum ini Huawei sudah menjamin beberapa ponsel akan mendapatkan update Android Q. Misalnya: P30 Pro, P30, P30 lite, Mate 20 Pro, Mate 20, Mate 20 Lite, P20 Pro, P20, Mate 10 Pro, dan Mate 10. Jadi seharusnya update itu hadir bersama EMUI 10.