Huawei Rilis P30 dan P30 Pro Untuk Jadi Jawara Ponsel Kamera

huawei p30 main

Huawei sudah mengumumkan ponsel terbarunya, P30 dan P30 Pro. Setelah bocoran yang begitu komplit, apa lagi yang bisa kita ketahui dari ponsel ini? Oh, tentu masih. Seperti pendahulunya, ada teknologi fotografi keren di Huawei P30 dan P30 Pro ini.

Penampilan Huawei P30 dan P30 Pro

Ada sedikit perubahan dibanding generasi sebelumnya, P20. Kedua ponsel baru Huawei ini menggunakan dewdrop notch. Lalu keduanya juga menggunakan sensor sidik jari di layar. Keduanya hadir dengan 5 pilihan warna, yaitu Breathing Crystal, Amber Sunrise, Aurora, Pearl White dan Hitam.

huawei p30 dan p30 pro

Teknologi Kamera Huawei P30 dan P30 Pro

Huawei menerapkan teknologi sensor baru di kedua ponsel ini. Huawei menggunakan apa yang disebut dengan RYYB SuperSpectrum Sensor,  bukan filter RGGB Bayer biasanya. Sensor ini menggunakan pixel warna kuning (Y) alih-alih warna hijau (G). Dengan begitu bisa menghasilkan gambar lebih terang.

Seperti yang sudah dirumorkan, Huawei meletakkan sistem zoom baru di Huawei P30 Pro, yaitu SuperZoom Lens. Sistem ini menggunakan rancangan periskop untuk bisa menghasilkan optical zoom sampai 5 kali, hybrid zoom 10 kali, dan digital zoom 50 kali.

kamera huawei p30 pro

Di P30 Pro juga terdapat kamera Time of Flight (ToF). Teknologi ini bisa membaca segmentasi jarak dan bidang dengan detil yang lebih baik. Hal ini bisa menghasilkan foto bokeh dengan bidang fokus lebih presisi, juga berguna untuk otentikasi biometrik atau sensor gerakan lain (misalnya untuk main game).

Lalu kedua ponsel ini juga memiliki teknologi AI Camera. Seperti AI HDR+ yang bisa merangkai pencahayaan dengan cepat, sehingga menghindarkan overexposed (cahaya berlebih) dan backlit (cahaya dari belakang). Selain itu ada juga AIS (artificial intelligence stabilization) di samping OIS (optical image stabilization) yang bisa menghasilkan foto dan video jauh lebih stabil.

Yang tidak kalah menarik, Huawei menjanjikan fitur Dual-View Video. Fitur ini memungkinkan penggunaan dua kamera untuk merekam video. Yang satu untuk tampilan penuh, yang lain untuk tampilan close-up. Huawei menyebutkan kalau fitur ini akan hadir melalui update OTA.

Spesifikasi Huawei P30

Ponsel ini adalah varian yang lebih “sederhana” di antara keduanya. Walau begitu tetap memiliki spesifikasi yang menarik.

Layar Huawei P30 bertipe OLED dengan besar 6,1 inci FHD+ (2340 x 1080). Di dalamnya, terdapat prosesor Kirin 980 Octa-core, RAM 6/8GB, penyimpanan 128GB, dan baterai 3650 mAh (SuperCharge). Ponsel ini mendukung NFC, audio Dolby Atmos, menggunakan USB 3.1 Type-C, masih memiliki colokan audio 3,5 mm, dan memiliki sertifikasi IP53.

Kamera belakang P30 ada tiga, yaitu: 40MP (wide angle), 16MP (ultra wide angle), dan 8MP (telephoto). Selain itu kamera belakang ini juga mendukung auto focus (laser, phase, contrast focus) dan AIS. Sedangkan kamera depan atau selfie berkualitas 32MP.

huawei p30 dan huawei p30 pro

Spesifikasi Huawei P30 Pro

Sebagai ponsel yang lebih canggih, P30 Pro memiliki beberapa keunikan. Ponsel ini tidak memiliki lubang speaker dan memanfaatkan Acoustic Display Technology yang mengantar suara lewat layar (bagian atas). Selain itu ada pula teknologi SuperCool yang membuat ponsel tetap adem saat bekerja keras. Tentunya juga ada teknologi kamera yang sudah dibahas di atas.

Spesifikasi Huawei P30 Pro meliputi: Layar OLED 6,47 inci FHD+ (2340 x 1080), prosesor Kirin 980 Octa-core, RAM 6/8GB, penyimpanan 128/256/512GB, dan baterai 4200 mAh (SuperCharge 40W + Wireless Quick Charge 15W). Ponsel ini juga mendukung NFC, audio Dolby Atmos, USB 3.1 Type-C (juga untuk audio), dan punya sertifikasi IP68 (tahan air dan debu).

Kamera belakangnya ada empat, meliputi: 40MP (wide angle), 20MP (ultra wide angle), 8MP (telephoto), dan ToF. Sama seperti adiknya, kamera belakang P30 Pro juga mendukung auto focus (laser, phase, contrast focus) dan AIS. Sedangkan kamera depan atau selfie berkualitas 32MP.

%d blogger menyukai ini: