Huawei P50 Jadi Ponsel Pertama Yang Meluncur Dengan HarmonyOS

Gambar: LetsGoDigital

Rumor terbaru menyebutkan kalau ponsel Huawei P50 akan menjadi smartphone pertama yang meluncur dengan sistem operasi baru HarmonyOS. Benarkah sistem operasi buatan Huawei itu sudah siap?

Huawei memang sudah mengumumkan di acara HDC 2020 kalau HarmonyOS akan hadir di smartphone sekitar bulan April 2021. Kini kelihatannya Huawei memang akan menepati janji.

Bocoran Huawei P50 dengan HarmonyOS

Laporan kalau Huawei P50 akan jadi ponsel pertama yang meluncur dengan HarmonyOS muncul di Weibo dari akun Fast Technology (kini sudah dihapus). Namun GizChina (via Android Central) masih sempat menangkap bocoran itu.

Kiriman di Weibo itu menyebutkan kalau ponsel seri Huawei P50 sudah menggunakan Hongmeng OS 2.0 Beta2 yang terpasang secara bawaan. Lini ponsel itu juga sudah mulai memasuki tahap selanjutnya, Beta3. Lalu laporan itu menyebut kalau P50 bukan merupakan ponsel pertama yang memakai Hongmeng. Tapi merupakan yang pertama hadir secara bawaan.

bocoran weibo huawei p50 pakai harmonyos

Harap menjadi perhatian bahwa Hongmeng merupakan nama lain HarmonyOS. Lalu pernyataan kalau P50 bukan yang pertama juga menarik. Artinya, sebelum Huawei P50 meluncur, ponsel Huawei yang sudah ada saat ini akan lebih dulu mendapat update ke HarmonyOS.

Perdebatan HarmonyOS

Keberadaan HarmonyOS sendiri masih jadi perdebatan. Sempat beredar laporan dari Ron Amadeo (ArsTechnica) kalau HarmonyOS hanyalah bentuk lain Android. Namun Huawei menolak klaim itu dan berkeras kalau HarmonyOS “bukan salinan Android.”

Entah kenapa Huawei merasa perlu menolak. AOSP merupakan proyek sistem operasi yang terbuka dan memakai Android berarti sudah banyak aplikasi yang kompatibel (tanya Microsoft).

Apakah Huawei merasa percaya diri dengan pengguna dari negeri asalnya Cina? Bisa jadi. Walau laporan terakhir menyebut OPPO sudah melampaui mereka.

Yah, kita tunggu saja kabar selanjutnya. Bagaimanapun Huawei memang mampu membuat smartphone yang sexy dan menggebrak.

%d blogger menyukai ini: