Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

OPPO Taklukkan Huawei, Jadi Merek Smartphone Nomor 1 di Cina

Nomor satu secara umum dan nomor dua untuk ponsel 5G

Anom Penulis

Akhirnya imbas tekanan pemerintah Amerika pada Huawei mencapai negeri asal perusahaan teknologi itu. OPPO berhasil menaklukkan dominasi Huawei dan menjadi merek smartphone nomor 1 di daratan Cina.

Ini tentu menjadi fenomena tersendiri mengingat sebelum ini Huawei nyaris tidak terkalahkan. Apalagi sebelum ada tekanan dari pemerintah Amerika, Huawei berambisi menjadi merek smartphone nomor 1 di dunia.

Huawei memang sempat mencapai ambisinya di pertengahan masa pandemi, ketika penjualan ponsel Samsung menurun. Namun, Samsung mampu kembali naik meskipun kemudian kalah oleh Apple.

Toh pertarungan di daratan Cina yang menjadi kandang merek-merek populer saat ini juga tidak kalah menarik.

Pertumbuhan OPPO Kalahkan Huawei

Menurut Counterpoint Research, penjualan OPPO di Cina mengalami peningkatan pesat seiring menurunnya Huawei. Penjualan yang meningkat itu meliputi smartphone biasa dan ponsel yang mendukung jaringan 5G.

statistik peningkatan OPPO akibat menurunnya huawei

Counterpoint Research menyebutkan kalau salah satu kunci kesuksesan OPPO berasal dari seri ponsel Reno 5. Perubahan posisi ponsel Reno ke kelas affordable flagship membuatnya laku keras.

Selain itu, sumber lainnya adalah ponsel Seri A dari OPPO. Seri ini berhasil menawarkan akses ke jaringan 5G juga dengan harga terjangkau. Ponsel OPPO A72 5G menjadi ponsel 5G paling laris sejak bulan November 2020.

Huawei Terpecah

Tentu melemahnya Huawei pun menjadi faktor penentu. Setelah Huawei menjual bisnis ponsel Honor, pangsa pasarnya berkurang. Honor memainkan peranan pada pangsa menengah bawah smartphone bagi Huawei.

Kemudian, akses yang terbatas untuk produksi chipset juga menjadi masalah tersendiri. Huawei tidak bisa bergerak banyak tanpa akses pada komponen dari perusahaan Amerika. Walau mereka berusaha memproduksi sendiri, namun hal ini belum menunjukkan gigi.

OPPO jelas memanfaatkan kedua faktor tersebut dengan baik. Apalagi mereka punya akses untuk memakai chipset Qualcomm Snapdragon.

Baca Juga:  Bocoran OPPO Reno 8: Layar 120Hz & Tampilan Mirip OnePlus 10 Pro

Tahun 2021 ini, OPPO berminat memperluas jangkauannya ke pangsa Eropa, selain fokusnya pada pangsa Amerika Latin (LATAM) dan Asia Pasifik (APAC). Kita lihat saja bagaimana kiprahnya tahun ini.