Huawei Umumkan Ponsel Lipat Huawei Mate XS dan MatePad Pro 5G

Indri Penulis

Huawei telah mengumumkan ponsel lipat Huawei Mate XS. Selain ponsel lipat, perusahaan juga mengumumkan tablet MatePad Pro 5G.

Acara tahunan MWC 2020 memang batal diselenggarakan. Tapi itu tidak menghentikan perusahaan Huawei untuk mengumumkan produk barunya.

Sebelumnya tidak ada yang bisa diharapkan dari Huawei. Tapi rupanya, perusahaan itu diam-diam telah mempersiapkan produk lipat generasi berikutnya.

Beberapa waktu lalu, Huawei mengumumkan ponsel lipat baru bernama Huawei Mate XS. Tidak cuma itu, perusahaan juga mengumumkan tablet baru MatePad Pro 5G.

Penampakan Tablet Lipat Huawei

Huawei Mate XS

Sumber Gambar : XDA Developers

Mate XS adalah penerus dari Huawei Mate X yang rilis tahun lalu. Sebelumnya Huawei Mate X dianggap masih punya kekurangan, baik dari segi desain atau daya tahan.

Sedangkan Mate XS, perusahaan mengklaim kalau ponsel ini memiliki desain yang lebih awet. Perusahaan juga mengklaim kalau Mate XS adalah penyempurna dari versi Mate X.

Mate XS menggunakan konstruksi layar ‘quad-layer.’ Layar ini terdiri dari dua lapisan film poliamida, diikuti layar OLED fleksibel, polimer lunak sebagai bantalan, dan lapisan penghubung layar ke body.

Sementara pada bagian engsel, Huawei sepertinya telah mengubah desain engsel ponsel. Sebab engsel ponsel terlihat lebih halus daripada Mate X.

Seri Mate XS hadir dengan dua ukuran layar. Mate XS dalam mode tablet memiliki ukuran 8 inci. Lalu saat dilipat, ponsel ini akan mempunyai ukuran 6,6 inci.

Beralih ke dapur pacu, Mate XS mendapat peningkatan pada bagian prosesor. Ponsel ini memakai prosesor Kirin 990 dan modem 5G. Sementara itu, Mate XS punya RAM 8GB, storage 512GB dan baterai 4.000 mAh.

Lalu dari segi kamera, Mate XS memiliki empat kamera (40MP + 8MP (telepoto) + 16MP (wide angle) + depth sensing camera). Semua kamera ada di belakang dan bisa pindah ke depan saat ponsel di lipat.

Perlu kalian tahu kalau Mate XS tidak memiliki aplikasi Google. Sebagai gantinya, ponsel ini menggunakan Huawei Mobile Services. Oya, Mate XS akan dirilis ke luar China pada bulan Maret dengan harga $2.700.

Huawei MatePad Pro 5G

Sumber Gambar : XDA Developers

Sama seperti Mate XS, MatePad Pro 5G juga merupakan penerus dari pendahulunya. Seperti yang kalian tahu, Huawei tahun lalu sempat meluncurkan tablet MatePad Pro.

Lalu apa yang baru dari MatePad Pro 5G? Tablet ini memiliki bezel super tipis, layar 10,8 inci, penutup keyboard, stylus opsional, dan tentunya hadir dalam versi 5G.

Tablet ini memiliki resolusi layar 2560 x 1600 dengan punch hole di sudut kiri atas. Lubang tersebut dipakai sebagai tempat kamera depan.

Sementara itu, tablet ini menggunakan prosesor Kirin 990, 8GB RAM, storage 512GB dan baterai 7.250mAh. Huawei juga menyediakan varian Wi-Fi-only dan 4G dengan RAM 6GB + 128GB/256GB storage.

MatePad Pro 5G adalah tablet pertama yang mendukung wireless charging. Kecepatan pengisian yang ditawarkan tablet ini bisa mencapai 27W, lalu riverse wireless charging sampai 7.5W.

Kembar Mate XS, MatePad Pro 5G juga tidak memiliki aplikasi Google. Tapi pengguna bisa memakai Huawei Mobile Service sebagai alternatif Google Play Store.

Tablet ini akan tersedia bulan Juni di Cina, Asia Pasifik, EMEA dan Amerika Latin. Model WiFi dan 4G akan dijual April ke Asia Pasifik, EMEA, Rusia, Jepang dan Amerika Latin.

Sementara itu, harga untuk model 5G adalah $867. Sedangkan model Wi-Fi mulai dari $596, dan model 4G dibanderol dengan harga $650.

    %d blogger menyukai ini: