Huawei Umumkan Watch 3 dan MatePad Pro Berbasis HarmonyOS 2

Pada tanggal 2 Juni 2021, Huawei mengumumkan sistem operasi mereka HarmonyOS 2 bersama perangkat baru Watch 3 dan MatePad Pro. Mereka menyebutkan kalau sistem operasi ini akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

HarmonyOS merupakan sistem operasi yang Huawei umumkan seiring kasus pencekalan oleh pemerintah Amerika Serikat. Seperti kita ketahui, pencekalan ini membuat ruang gerak Huawei terbatas.

HarmonyOS mengawali langkahnya sebagai sistem operasi untuk perangkat cerdas, seperti Smart TV. Kemudian Huawei mengindikasikan kalau sistem operasi ini akan berkembang ke perangkat lain, termasuk smartphone. Walau begitu, muncul kontroversi kalau HarmonyOS bukanlah sistem operasi tersendiri, namun hanyalah bentuk lain Android.

Jadi tentu menarik melihat perkembangan sistem operasi Huawei ini.

HarmonyOS 2

Huawei mengatakan kalau masalah terbesar dengan banyaknya perangkat saat ini adalah fragmentasi basis sistem operasi yang berbeda. Dengan HarmonyOS 2, Huawei berniat memberikan solusinya.

Huawei merancang sistem operasi tersebut agar semua perangkat yang mendukungnya mampu berinteraksi satu sama lain. Misalnya, berpindah dari kamera di drone ke smartphone, memakai pena stylus di tablet dan melihat hasilnya secara langsung di PC, atau melihat resep masakan di ponsel dan melakukan proses masak di oven sesuai panduan itu.

Untuk mempermudah interaksi tersebut, HarmonyOS memiliki sistem integrasi antar perangkat yang mudah, yaitu hanya dengan menggeser ikon perangkat di aplikasi ponsel atau mengetuk perangkat dengan NFC.

Selain itu, Huawei juga membuat pusat kontrol di smartphone. Dengan begitu kamu bisa mengontrol masing-masing perangkat langsung dengan ponselmu. Misalnya mengubah suhu kulkas sesuai suhu ideal untuk bahan makanan tertentu.

Di samping itu, HarmonyOS 2 juga memiliki apa yang Huawei sebut dengan Service Widget. Pada aplikasi yang mendukungnya, kamu bisa geser ikon ke atas untuk membuka pop-up widget dan melakukan tindakan selanjutnya. Pop-up itu pun bisa kamu sematkan untuk jadi widget seutuhnya di layar.

Apapun kontroversi yang menyertainya, konsep yang diajukan oleh Huawei ini jelas menarik dan sesuai dengan arah perkembangan teknologi saat ini.

Produk Baru Huawei

Dalam pengumuman ini, Huawei juga memperkenalkan produk baru dan merilis pembaruan untuk produk lama. Pembaruan untuk perangkat lama ini meliputi: HUAWEI Mate 40 Series dan HUAWEI Mate X2.

Nah, inilah produk baru Huawei.

Huawei Watch 3 Series

Pada generasi terbaru jam tangan cerdas ini, Huawei menambahkan fitur baru yaitu kontrol pada tombol rotasi jam. Rotasi ini akan memiliki tingkat tekanan berbeda untuk tiap tindakan dan akan memberikan haptic feedback pada pengguna.

Huawei Watch 3 juga memiliki kapasitas baterai yang mampu bertahan 3 hari pada Smart Mode dan sampai 14 hari pada ultra long battery mode. Sebagai perangkat HarmonyOS 2, jam ini juga bisa diintegrasikan ke perangkat lain.

Huawei MatePad Pro

Dalam pengumuman ini Huawei pun menampilkan tablet baru MatePad Pro. Tablet dengan layar OLED 12,6 inci ini memiliki tingkat konras dengan rasio 1,000,000:1 dan mendukung akurasi warna DCI-P3 color gamut.

Huawei MatePad Pro menggunakan chipset Kirin 9000 dan dengan HarmonyOS 2 bisa kamu pakai sebagai alat gambar bersama PC melalui Multi-screen Collaboration. Untuk memenuhi fungsi tersebut Huawei juga melengkapinya dengan M-Pen baru yang mendukung 4096 sensitivitas tekanan.

%d blogger menyukai ini: