Harmony OS Menjadi Nama Sistem Operasi Huawei

huawei harmony os

Huawei mengumumkan Harmony OS sebagai sistem operasi baru mereka di Huawei Developer Conference di Songshan Lake, Cina pada 9 Agustus 2019.

Sistem operasi ini sudah menjadi rumor selama beberapa waktu lalu seiring masuknya Huawei dalam daftar cekal pemerintah Amerika. Spekulasi soal perkembangan sistem operasi Huawei ini sendiri pun sangat menarik.

Akhirnya sistem operasi yang dikenal dengan nama Hongmeng OS di Cina ini resmi hadir. Namun apakah OS ini memang akan menggantikan Android seperti yang kencang terdengar?

Kelihatannya belum.

Huawei menyebutkan kalau Harmony OS diciptakan berdasar mikrokernel dari Linux (seperti Fuchsia OS dari Google). Hal ini memungkinkan penggunaannya di berbagai perangkat.

Selain itu juga memungkinkan perangkat-perangkat tersebut saling terhubung, namun tetap terjaga keamanannya.

Fleksibilitas dalam mengadaptasi berbagai perangkat itu memungkinkan pengalaman penggunaan yang sama. Hal ini menciptakan ekosistem aplikasi yang lebih baik bagi pengguna.

Sekilas, ini mengingatkan kita pada konsep UWP di Windows yang diperkenalkan oleh Microsoft beberapa tahun lalu.

Walau Harmony OS terlihat menjanjikan, Huawei masih akan tetap menggunakan Android untuk smartphone mereka. Dalam waktu dekat, sistem operasi ini akan hadir di beberapa perangkat lain, seperti Honor Vision TV.

Huawei masih menyimpan kejutan lain. Harmony OS menjadi proyek open source.