Bukan Cuma Smartphone Murah, Samsung Pun Pasang Iklan

Anom Penulis

Ya, bukan hanya smartphone dengan harga terjangkau saja yang memasang iklan. Samsung pun memasang iklan di dalam smartphone mereka. Pengguna smartphone asal Korea itu pun merasa tidak nyaman.

Memasang iklan di dalam aplikasi sistem dan bawaan, menjadi trik tersendiri agar produsen bisa menawarkan smartphone dengan harga bersaing. Seperti kita ketahui, Xiaomi menjadi merek yang sering disebut dalam hal ini. Kemudian, realme pun turut serta melakukanya.

Namun apa jadinya kalau yang memasang iklan itu merek yang terkenal sebagai produk premium seperti Samsung? Beberapa pengguna yang mendapatkan iklan itu pun mengeluhkan hal itu di forum r/Samsung di Reddit.

Iklan di Berbagai Aplikasi Bawaan

Anggota forum dengan username u/Stranger_on_Reddit mengumpulkan berbagai keluhan beserta tangkapan layar yang menunjukkan kehadiran iklan itu dari pengguna lain.

Dari unggahan gambar itu, terlihat kalau iklan hadir di aplikasi Cuaca, Game Launcher, Galaxy Store, Samsung Pay, Samsung Daily, Samsung Music, Samsung Health, Samsung Member.

iklan di aplikasi

Beberapa yang mengunggah tangkapan layar iklan itu memang menggunakan smartphone Samsung kelas atas. Seperti u/ProjectSorpio2 yang memakai Galaxy S10e, u/Reddit_Focker yang memakai Galaxy S9+, atau u/justAreallyLONGname yang memakai Galaxy Note10+.

Diskusi yang sama juga merujuk keluhan pengguna lain, @blossomcy1201, yang mengunggah tangkapan layarnya ke Twitter. Namun tidak tahu perangkat apa yang ia pakai.

keluhan iklan di aplikasi Samsung

Tidak Semua Mendapat Iklan

Dari berbagai diskusi yang ada, kelihatannya iklan ini muncul di update terbaru aplikasi dan One UI 2.5. Lalu kelihatannya kehadiran iklan itu juga bergantung pada wilayah dan provider telekomunikasi. Karena ada yang menyebutkan dan menunjukkan hasil tangkapan layar yang tanpa iklan di aplikasi yang sama.

Walau begitu, tidak sedikit yang menganggap kehadiran iklan di aplikasi bawaan Samsung ini tidak layak. Karena mereka sudah membayar mahal untuk membeli smartphone mereka.

Sekedar untuk bahan pertimbangan atau diskusi, kita tahu kalau ada banyak aplikasi gratis yang menayangkan iklan sebagai sumber pendapatan atau pengganti biaya. Misalnya Spotify versi gratis dan Premium.

Pertanyaannya, apakah aplikasi Samsung ini masuk kategori seperti itu atau merupakan aplikasi bawaan yang menjadi bagian dari layanan Samsung? Kalau menjadi bagian dari ekosistem layanan, ya mungkin memang kurang layak karena konsumen sudah membayar mahal.

Bagaimana, apakah ada di antara kalian yang mendapat iklan di dalam aplikasi bawaan atau aplikasi sistem di smartphone Samsung? Bagaimana menurut kalian tentang hal ini?

    %d blogger menyukai ini: