Ini Dia Pentingnya Customer Experience di Era Digital

Di era digital seperti sekarang ini, adanya Customer Experience memang sangat penting. Customer Experience atau CX menggambarkan sebuah pengalaman konsumen saat berinteraksi dengan brand teknologi.

Dengan begitu CX akan mempermudah kinerja perusahaan teknologi untuk memperbaiki dan mengeksekusi produk-produknya secara cepat.

Sekarang ini, para operator telekomunikasi sudah mulai memberikan perhatian yang lebih untuk CX. Ini karena fungsinya yang cukup kritis dalam memberikan kesan pertama bagi konsumen.

Dengan nilai-nilai positif yang dibawa CX, akan membuat konsumen menjadi sangat loyal. Sehingga konsumen akan yakin dengan produk tersebut dan enggan untuk berpindah ke tempat lain. Jika sudah begini, maka bisnis akan dapat berjalan dengan lancar.

Sumber Gambar : beyondphilosophy.com

Di Indonesia sendiri, CX memang tengah menjadi perhatian khusus oleh perusahaan startup. Contohnya saja di Tokopedia. Jika kalian menggunakan Tokopedia, kalian akan diminta untuk mengisi form mengenai kepuasan berbelanja di Tokopedia.

Hal ini berguna untuk mengetahui apakah proses transaksi di Tokopedia lancar atau tidak. Selain Tokopedia, ada juga Gojek dan Grab. Kedua aplikasi ini bukan hanya menggunakan CX untuk meningkatkan kualitas aplikasinya, tetapi juga memanfaatkan mitra mereka.

Nah, dari situlah para mitra tersebut memiliki peringkat berdasarkan tingkat kepuasan dari pelanggan.

Sebagai contoh lainnya yang jauh lebih besar adalah Apple. Berkat adanya CX, perusahaan yang dibentuk dari garasi ini berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar yang paling bernilai di dunia.

Sumber Gambar : RMS Automotive

Perusahaan teknologi raksasa ini telah berhasil menciptakan kejutan besar dengan membuat konsumennya merasakan sensasi produk kelas atas, eksklusif dan mewah.

Ini semua karena Apple membuat produk yang bukan hanya untuk kebutuhan saja, tapi juga untuk memenuhi gaya hidup. Kemudian produk-produknya tersebut dikemas dalam program marketing yang membuat perangkatnya penuh dengan manfaat.

Sebagai penyempurnanya, Apple juga menyediakan staf yang sangat kompeten dan sangat ramah untuk membantu calon atau konsumennya.

Itulah mengapa Customer Experience memang sangat berpengaruh di dunia digital seperti sekarang ini.

More Stories
windows phone lumia 720
Handphone Tanpa Dukungan Windows 10 Mobile Sampai di Ujung Jalan