Inilah Beberapa Fungsi LinkedIn Selain untuk Mencari Pekerjaan

Selain digunakan untuk mencari kerja, LinkedIn juga punya kegunaan lain lho. Inilah beberapa fungsi LinkedIn selain untuk mencari kerja.

Orang biasanya menganggap LinkedIn hanya sebagai situs pencari kerja. Tidak mengherankan, sebab LinkedIn  memang memiliki reputasi bagus dalam pencarian kerja.

Tapi tahukah kalian, bahwa LinkedIn tidak hanya bisa untuk mencari kerja. Situs ini sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain.

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan fungsi lain LinkedIn. Berikut ini fungsi LinkedIn selain mencari pekerjaan.

Sumber Gambar : Sysgen

Beberapa Fungsi Lain LinkedIn

Membangun Reputasi Sebagai Seorang Ahli

Penggunaan cara yang tepat bisa membuat kalian menemukan perusahaan yang baik. Tapi kalian tidak mungkin terus di perusahaan itu tanpa ada perkembangan bukan?

Saat bekerja, bukan berarti kalian harus berhenti belajar. Selain itu, jangan pernah berpikir untuk tidak mencari pengalaman baru.

Salah satu manfaat LinkedIn adalah membangun reputasi kalian sebagai seorang ahli. Kalian bisa memulainya dengan memperbarui profil, dengan mencantumkan prestasi yang diraih di tempat kerja.

Profil seperti ini tidak hanya menguntungkan kalian, namun juga perusahaan. Dengan mencantumkan prestasi, maka orang lain akan menganggap perusahaan telah mempekerjakan kalian dengan baik.

Selain itu, hal ini juga sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kalian di-PHK. Kalian tidak perlu mencari lowongan ke tempat lain.

Mempelajari Keterampilan Baru

Jika kalian pengguna akun Premium, kalian bisa menggunakan fitur LinkedIn Learning. Kalian dapat memoles keterampilan dimulai dari tips dan trik PhotoShop, hingga aplikasi manajemen proyek.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengakses konten khusus untuk meningkatkan karier. LinkedIn Premium juga kerap memperbarui tutorial setiap saat.

Teknik belajar yang disajikan LinkedIn belum tentu ada di perguruan tinggi. Selain itu, kalian juga perlu mengikuti tren agar tetap kompetitif di dunia kerja.

Riset Pasar

Fitur keren dari LinkedIn adalah mengakses data spesifik perusahaan. Data tersebut seperti rata-rata waktu pekerjaan untuk karyawan, hingga skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu.

Data ini sangat berharga, terutama jika kalian seorang karyawan yang terlibat dalam manajemen staf. Kalian bisa membantu perusahaan tetap kompetitif dengan karyawan baru.

Meski tidak punya akun Premium, kalian masih bisa melakukan beberapa riset pasar sepintas. Cukup klik Profil LinkedIn perusahaan, lihat jumlah karyawan disana, dan cari informasi terbaru dari mereka.

Melacak Tren Industri

LinkedIn adalah cara bagus untuk melacak tren industri secara spesifik. Tidak perlu melakukan riset pasar, kalian cukup mencari topik secara umum.

Kalian dapat mengikuti perusahaan atau profesional industri. Mereka biasanya sering menerbitkan postingan khusus seputar dunia bisnis.

Selain itu, kalian juga bisa memperbanyak feed berita. Semua info yang didapatkan dari LinkedIn akan fokus membahas masalah karier kalian.

Menjalankan Blog LinkedIn

Kalian bisa berkontribusi dengan menjalankan blog LinkedIn. Kalian dapat mempublikasikan postingan tentang pemikiran dan saran tentang karier.

Hal ini sangat berguna jika kalian menulis sesuai bidang keterampilan. Blog LinkedIn akan membantu memamerkan wawasan kalian, dan menempatkan kalian sebagai seorang ahli.

%d blogger menyukai ini: