Inilah Berbagai Fitur Menarik G Suite untuk Pendidikan

g suite for education

G Suite memiliki banyak fitur untuk pendidikan. Fitur-fitur ini bisa kamu coba untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di rumah karena pandemi COVID-19.

Sampai sekarang, kegiatan sekolah di Indonesia masih perlu dilakukan dari rumah. Bukan tanpa sebab, karena pandemi COVID-19 di Tanah Air masih belum reda. Bahkan setiap hari ada orang yang terserang.

Sebenarnya kebijakan belajar dari rumah ada sisi positif dan negatifnya. Positifnya, pelajar bisa belajar lebih santai. Negatifnya, mereka jadi bingung mencari sumber pelajaran dan bagaimana cara belajar.

Tapi kamu tidak perlu bingung. Karena G Suite menawarkan berbagai fitur untuk pendidikan. Fitur-fitur di bawah ini bisa kamu manfaatkan selama kegiatan belajar mengajar di rumah.

Fitur G Suite untuk Pendidikan

Classroom

Sumber Gambar : G Suite Google

Google Classroom bisa dipakai untuk mengatur tugas, belajar kelompok, sampai untuk media komunikasi antara siswa dan guru.

Jadi dengan memakai Classroom, siswa bisa tetap terhubung dengan materi atau tugas yang disampaikan guru. Tidak hanya itu, tampilan yang dimiliki fitur ini juga user-friendly. Jadi dijamin mudah digunakan.

Coba Fitur

Hangout Meet

Sumber Gambar : G Suite Google

Ada kalanya kita perlu diskusi dengan teman. Kalau diskusi via chat terasa merepotkan, tidak ada salahnya untuk mencobanya lewat video call.

Nah, kalian bisa pakai fitur Hangout Meet. Fitur ini tidak hanya menawarkan video call dengan satu orang. Tapi juga bisa dipakai video call bersama teman satu kelas.

Coba Fitur

Docs, Sheets, dan Slides

google docs sheets slides

Fitur ini bisa dipakai berkolaborasi dengan orang lain di Google Docs, Sheets dan Slides. Docs bisa dipakai untuk memberikan tugas ke siswa.

Selain itu, semua orang yang memakai fitur ini bisa menambah, mengedit, membalas atau menghapus komentar. Yah selain untuk pendidikan, sebenarnya fitur Docs juga bisa dipakai berkolaborasi untuk bekerja lho.

Coba Fitur

Sites

Sumber Gambar : G Suite Google

Fitur ini berguna untuk membuat situs web. Jadi pengguna bisa membuat situs untuk menampilkan semua informasi yang diperlukan. Misalnya, guru bisa mengunggah panduan pelajaran, lembar kerja, video, dan lain sebagainya. Murid bisa mengakses untuk mengikuti panduan pelajaran tersebut.

Coba Fitur

Integrasi dengan Aplikasi Lain

G Suite untuk Pendidikan, terutama Classroom, memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi lain yang bisa membantu kegiatan belajar mengajar secara online. Terdapat banyak kategori seperti untuk kreativitas, literasi digital, fitur pengajaran, bahasa dan seni budaya, dll. Integrasi ini membuat fitur G Suite untuk Pendidikan menjadi lebih lengkap.

%d blogger menyukai ini: