Inilah Cara Membedakan AirPods Asli dan yang Palsu

Apa kalian mau membeli AirPods tapi takut penipuan? Tenang. Kalian bisa coba cara membedakan AirPods asli dan yang palsu berikut ini.

AirPods adalah earbud buatan Apple yang terkenal mahal. Walau begitu, kalian bisa mendapatkan produk ini dengan harga murah di tempat lain.

Tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah ya. Sebab belum tentu AirPods yang dibanderol dengan harga murah itu asli. Bisa jadi produk itu palsu.

Nah, supaya tidak tertipu, kalian bisa simak artikel ini. Kali ini saya akan kasih cara membedakan AirPods asli dan yang palsu. Seperti apa caranya? Yuk, simak informasi lengkapnya.

Sumber Gambar : Octagon

Cara Membedakan AirPods Asli dan Palsu

Periksa Kemasan Produk

Bagi yang tidak jeli, mungkin kalian tidak akan mempermasalahkan kemasan AirPods. Tapi demi keamanan, sebaiknya kalian periksa lebih dulu kemasan produk.

Sebab biasanya AirPods palsu bisa dikenali dari kemasannya. Pertama, baca dengan cermat keterangan gambar yang ada di kotak kemasan.

Apple adalah perusahaan yang sangat jeli. Jadi tidak mungkin ada kesalahan pengetikan, spasi ganda, atau gambar rusak. Kalau kalian menemukan masalah itu, bisa jadi AirPods itu palsu.

Buka Dokumen yang Ada di Kemasan

Setelah memeriksa kotak dan tidak ada masalah, jangan puas dulu. Sebab bisa jadi ada kesalahan atau hal aneh di dokumen yang menyertai AirPods.

Oya, pastikan AirPods tersebut dilengkapi semua aksesoris yang terdaftar di situs web Apple. Biasanya AirPods asli akan dibekali kabel Lightning dan spare silicone ear untuk AirPods Pro.

Periksa Desain AirPods

Untuk memeriksa desain AirPods, kalian bisa buka situs web Apple. Setelah itu, bandingkan animasi AirPods dengan yang kalian beli.

Kalau kalian menemukan perbedaan, misalnya ada ventilasi tambahan atau lubang tidak sama, mungkin itu barang palsu. Selain itu, coba lihat pada bagian bawah batang AirPods.

AirPods asli memiliki pegangan berbentuk oval. Sedangkan mayoritas AirPods tiruan akan memiliki pegangan berbentuk melingkar.

AirPods Palsu Beratnya Kurang dari yang Asli

Mayoritas AirPods tiruan menggunakan bahan yang lebih murah. Itu artinya, mereka biasanya jauh lebih ringan dari yang asli.

Ya, kalian bisa memakai timbangan untuk mengukur AirPods dan case charging. Bandingkan hasilnya dengan bobot yang tercantum di halaman Tech Specs Apple untuk AirPods.

Coba Hubungkan ke iPhone

AirPods asli menggunakan chip W1 atau H1 milik Apple. Chip ini dipakai untuk menghubungkan AirPods ke iPhone tanpa memerlukan Bluetooth.

Sebenarnya ada beberapa AirPods palsu yang mampu menyalin sistem ini. Tapi mereka semua tidak akan mendapatkan koneksi Bluetooth yang tepat.

%d blogger menyukai ini: