Visi Apple: iMac Dalam Selembar Kaca

konsep imac kaca
Konsep oleh Emin Ayaz

Walau sering disebut lebih “sayang” ke iPhone, ternyata Apple masih memiliki ambisi untuk iMac. Hal ini terlihat dari paten untuk komputer all-in-one (apalagi kalau bukan iMac?) yang berada dalam selembar kaca.

Apple mendaftarkan paten ini pada bulan Mei tahun 2019. Paten ini menjelaskan bagaimana komputer ini memiliki “display area” dan “input” area” yang dibangun di satu permukaan. Di bagian belakang terdapat struktur pendukung yang juga berfungsi sebagai CPU dan tempat berbagai colokan.

Visi jelas sangat ambisius. Apalagi mengingat saat ini ponsel lipat juga lagi jadi bahan pembicaraan. Terutama untuk Samsung yang memakai layar fleksibel. Di samping itu, Laneovo juga memperkenalkan ThinkPad X1 Fold di CES 2020 sebagai laptop dengan layar fleksibel.

Visi ini terasa semakin ambisius karena iMac adalah perangkat desktop. Dengan bentang layar yang besar, maka Apple akan mengolah selembar kaca fleksibel dengan ukuran besar. iMac versi kaca ini, selain memuat layar, juga akan memuat keyboard dan touchpad.

paten apple imac kaca
Gambar: Apple / USPTO

Struktur pendukung yang ada di bagian belakang menjadi lebih besar dari penyangga iMac sekarang. Ya karena komponen komputer berada di dalamnya. CPU ini akan menahan kaca dari sisi bawah.

Gambar: Apple / USPTO

Tapi visi itu tidak berhenti sampai di situ saja. Ada beberapa gambar lain yang menarik di paten Apple ini. Gamber itu menunjukkan sisi penggunaan yang sefleksibel kaca itu sendiri.

Ada gambar yang menunjukkan kalau keyboard kelihatannya bisa dilepas. Lalu ada pula konsep yang menunjukkan kalau laptop Macbook bisa diselipkan sebagai docking. Tentu saja, ada pula yang memperlihatkan kalau layar ini bisa dilipat.

Gambar: Apple / USPTO
Gambar: Apple / USPTO
Gambar: Apple / USPTO

Bagaimana? Seru kan? Tapi harap diingat, paten ini baru sekedar konsep (walau ada penjelasan teknis) dan belum menjamin kalau produk ini akan diproduksi. Ahem, paling tidak bukan dalam waktu dekat.

Di sisi lain, paten Samsung untuk ponse lipat sudah menjadi kenyataan. Bukan tidak mungkin paten iMac dari kaca ini menyusul.

%d blogger menyukai ini: