Inilah Cara Mudah Memakai Clipboard di Windows 10

Beberapa orang mungkin asing dengan clipboard Windows. Simak artikel ini untuk mengetahui cara memakai clipboard Windows 10.

Apa kalian pernah mendengar tentang clipboard secara sepintas? Sebenarnya clipboard menjadi salah satu dari lima perintah terpopuler di Windows lho.

Microsoft Office pernah merilis data, pengguna rata-rata mem-paste 10 kali per hari. Bahkan ada 2,3 triliun perintah paste yang digunakan setiap bulannya.

Dari data di atas, dapat kita ketahui bahwa orang sangat bergantung terhadap clipboard. Bagi pengguna Windows 10, simak ulasan tentang clipboard berikut ini.

Sumber Gambar : Windows Central

Apa Itu Clipboard?

Clipboard adalah penyimpanan sementara yang berguna memindah data sederhana. Biasanya clipboard kamu gunakan (tanpa sadar) ketika melakukan copy-paste. Entah itu kata atau paragraf, maupun obyek lain (gambar, dll).

Clipboard lazimnya menggunakan RAM sebagai tempat menyimpan data sementara tersebut. Namun seiring perkembangan teknologi, clipboard di Windows mengalami perkembangan.

Akses Clipboard di Berbagai Perangkat Windows 10

Saat ini Windows memanfaatkan cloud untuk menyinkronkan seluruh perangkat. Tidak hanya itu, Windows juga menggunakan fitur keamanan khusus pada clipboard.

Jika kalian mengaktifkan sinkronisasi, maka kalian bisa mengakses konten yang disalin dari perangkat Windows apapun. Kalian juga dapat menambah atau memodifikasi file saat itu juga.

Kalian dapat menyinkronkan data secara otomatis maupun manual tergantung selera. Semua data yang disimpan di cloud memiliki masa hidup 12 jam, dan bisa dihapus kapan saja.

Sumber Gambar : Community Windows

Mungkin saat membaca file tertentu, kalian menemukan frasa atau kalimat penting. Kalian dapat menyematkan data tersebut ke dalam clipboard.

Namun sebelum mengetahui cara memakai clipboard, kalian harus harus mengaturnya terlebih dahulu. Berikut ini cara mengatur clipboard:

  • Ketik β€˜clipboard’ di kolom Search Windows.
  • Tekan tombol β€˜Enter.’
  • Dalam jendela β€˜Clipboard’, tekan β€˜Sync across devices’ menjadi β€˜On.’

Terdapat dua pilihan yang ada di bawah menu β€˜Sync across devices.’ Opsi itu adalah β€˜Automatically sync text that I copy’ dan β€˜Never automatically sync text that I copy.’

Opsi pertama membuat Windows 10 otomatis menyinkronkan semua data clipboard. Lalu data tersebut disinkronkan ke semua perangkat Windows lainnya.

Jika kalian lebih suka menyalin teks satu per satu, maka hindari opsi pertama. Sebaiknya pilih opsi β€˜Never automatically sync text that I copy.’

Akses Riwayat Clipboard

Dulu saat melakukan copy-paste data yang tersimpan hanya terbatas satu saja. Jadi kalau kamu melakukannya lagi, data yang sebelumnya kamu copy sudah hilang.

WIndows 10 menawarkan sesuatu yang baru untuk clipboard. Sekarang kamu bisa melihat riwayat copy-paste yang kamu lakukan.

Riwayat clipboard

Cara akses riwayat clipboard adalah dengan menekan tombol Windows dan tombol V ( + V). Kamu akan melihat riwayat clipboard sebanyak 25 hal yang kamu kamu copy. Termasuk teks, alamat URL, bahkan screenshot.

Sematkan Data Penting

Bahkan kamu bisa memilih dan menyematkan data penting yang kamu salin. Sehingga data itu akan selalu berada di bagian atas riwayat clipboard.

Cara menyematkan (pin) clipboard adalah dengan membuka riwayat clipboard, lalu tekan ikon pin atau tombol P di keyboard. Kalau ingin membatalkan pin, tekan ikon pin lagi atau tombol U di keyboard.

Fitur Pelengkap Lain

Kamu sudah mengetahui cara copy-paste, akses riwayat clipboard, dan menyematkan clipboard. Apa lagi yang perlu diketahui?

Kamu bisa menghapus salah satu data di clipboard dengan menekan ikon X atau tekan tombol Delete di keyboard. Lalu, menekan tombol ‘Clear All‘ di sudut kanan atas papan clipboard akan menghapus semua data riwayat.

Nah, sekarang kamu sudah benar-benar jadi ahli copas!

%d blogger menyukai ini: