Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Inilah Cara Mudah Mengenali Akun Instagram Palsu

Apakah selama ini kalian pernah mengikuti sebuah akun, yang rasanya tidak pernah kalian klik follow sebelumnya?

Jika pernah, mungkin itu karena kalian sebelumnya mengikuti sebuah akun palsu yang dijual. Hal ini tersebut tentu sangat mengganggu dan meresahkan.

Bagi mereka yang sudah paham, hal ini mungkin tidak lagi menjadi hal yang berarti. Sebab cukup unfollow akun tersebut dan masalah selesai.

Namun bagi pengguna Intagram yang belum tahu hal ini dapat berimbas menjadi spam. Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui tanda-tanda akun Instagram palsu.

Berikut beberapa tips mengenali akun Instagram yang palsu:

Sumber Gambar : My Social

Identifikasi Spammer

Salah satu cara mengenali akun Instagram palsu adalah melihat komentar dalam setiap unggahan. Akun asli tentu akan mempunyai komentar sewajarnya dan cenderung lebih beragam.

Apabila komentar yang ada dalam setiap postingan selalu mengulang pesan, serta mengandung link ke website, maka akun tersebut mungkin saja palsu.

Tentunya akan ada banyak komentar yang diberikan. Ada komentar yang berisi ‘iming-iming’ hadiah, dan ada pula komentar yang menawarkan barang dari sebuah toko.

Lihat Tanda (Untuk Akun Selebriti)

Sebagai pengguna Instagram, tentu kalian tidak asing lagi dengan tanda centang biru di beberapa akun Instagram bukan?

Tanda centang biru biasanya digunakan selebriti atau tokoh terkenal lain di akun Instagram mereka. Fungsi tanda tersebut sebagai penanda bahwa akun tersebut asli.

Tanda verifikasi tersebut sangat penting bagi kalangan selebriti. Hal ini untuk menghindari pembajakan akun oleh orang tidak bertanggung jawab.

Selama ini ada banyak akun yang menamakan dirinya dengan nama selebriti. Dan cara paling mudah mengetahui akun tersebut asli atau tidak, adalah dengan melihat adanya centang biru dalam akun.

Melihat Jumlah

Setelah melihat tipe akun, cara yang selanjutnya adalah dengan melihat aktifitas akun tersebut. Hasil dari sebuah studi mengemukakan bahwa akun palsu hanya memiliki kegiatan posting sebanyak enam kali.

Sedangkan 29% diantaranya tidak mempunyai data lengkap seperti profile picture, nama lengkap, biografi, email maupun alamat.

Gunakan Reverse Image di Google

Mayoritas akun Instagram palsu menggunakan gambar-gambar yang tidak masuk akal. Kalian bisa coba mencari gambar di tersebut ‘reverse.photos’. Disana, kalian bisa melihat siapa yang mengunggah gambar tersebut pertama kali.

Gambar-gambar tidak jelas yang kami maksud biasanya ditandai dengan profile picture yang selalu berganti, dengan orang yang berbeda pula.

[irp posts=”64637″ name=”UPDATE! Beberapa Tips untuk Hack Instagram”]

Lihat Kejanggalan Lain

Kalian bisa coba melihat adanya similaritas di antara komentar-komentar yang dibuat akun tersebut. Contoh, ‘follow me’ atau ‘I’ll follow back.’

Selain itu jumlah following yang lebih banyak dibanding follower, serta tidak mempunyai akun sosial media yang lain, juga menjadi salah satu tanda akun tersebut palsu.

Tidak hanya itu, foto mempunyai banyak like namun tidak ada komentar juga merupakan tanda akun palsu.

Gunakan Aplikasi

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengenali akun Instagram palsu. Kalian dapat mencari akun tersebut di Google Play maupun iStore.

Aplikasi-aplikasi itu dapat melakukan scanning terhadap follower kalian, kemudian melihat akun mana yang tidak aktif.

Namun sebelum memilih aplikasi tersebut, kalian patut waspada. Sebab beberapa aplikasi pendeteksi akun palsu justru biasanya merupakan scammer.

Sebelum memilih salah satu aplikasi, lebih baik browsing terlebih dahulu untuk mengetahui reputasi aplikasi tersebut. Selain itu, kalian juga bisa melihat review pengguna yang sebelumnya mengunduh aplikasi tersebut.

More Stories
Cube Raider: Tidak Sekedar Game Puzzle