Inilah Cara Mudah untuk Download Musik dari YouTube

Apa kalian ingin mengunduh musik dari video YouTube? Jika iya, simak artikel ini untuk mengetahui cara download musik dari YouTube.

YouTube adalah platform streaming video terbesar di dunia. Platform ini menghadirkan berbagi jenis video, salah satunya video musik.

Nah, mungkin ada kalanya kita menonton video musik yang bagus. Kemudian kita ingin mengunduh lagu dari video tersebut agar bisa didengarkan secara offline.

Kali ini saya akan berbagi cara untuk download musik dari YouTube. Lalu seperti apa caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

Sumber Gambar : Estudio Site

Cara Download Musik dari YouTube

Menyalin audio dari YouTube adalah bentuk pelanggaran. Hal ini melanggar ketentuan penggunaan YouTube, dan berpotensi menimbulkan masalah untuk kalian.

Sebenarnya ada cara untuk mengakses musik dari YouTube tanpa melanggar aturan. Yakni dengan menggunakan layanan YouTube Music. Jadi saya sarankan kalian mempertimbangkan cara ini dulu.

Sementara itu, menyalin musik dari YouTube bisa dilakukan melalui situs ripping. Sayangnya, kebanyakan situs ripping YouTube di luar sana menggunakan praktik cryptomining.

Kali ini saya akan rekomendasikan layanan yang tidak menggunakan praktik seperti itu. Tapi jika kalian merasa perangkat berjalan lebih panas atau lambat, maka segera keluar dari situs tersebut.

Cara ini bisa dilakukan dari browser tanpa harus mengunduh aplikasi lain. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan pengguna Windows, Mac atau Chromebook.

  • Buka situs YouTube di perangkat kalian.
  • Buka video yang ingin kalian rip
  • Sorot URL video tersebut.
  • Salin URL tersebut ke clipboard
  • Bukalah sebuah tab baru di browser
  • Kunjungi situs ‘SaveMP3‘.
  • Paste URL YouTube ke kotak pencarian.

Setelah itu, SaveMP3 otomatis akan menganalisa judul dan durasi video. Selanjutnya akan muncul dua opsi, yakni ‘Download MP3’ dan ‘Download Other Formats.’

Jika kalian klik ‘Download Other Formats,’ kalian akan dibawa ke daftar format video yang berbeda. Setelah kalian menemukan format yang disukai, klik tombol ‘Download’ di sebelahnya.

Setelah kalian klik tombol ‘Download’, proses konversi akan berjalan. Setelah konversi selesai, akan muncul sebuah kotak dialog.

Kotak dialog tersebut akan menanyai kalian, apa ingin membuka atau menyimpan file. Jika kalian memilih menyimpan file baru, musik akan tersimpan ke folder Download di komputer.