Inilah Cerita Di Balik Kesuksesan Game Indie Mobile, Farm Punks

Persaingan dalam industri game semakin ketat. Meski begitu, game indie Farm Punks mampu bertahan dalam persaingan tersebut.

Bukan rahasia lagi jika industri game mobile kini sedang booming. Bahkan pemain besar seperti Nintendo, Blizzard, Square Enix, Microsoft, dll memperluas jaringan game mobile mereka.

Perusahaan-perusahaan besar selalu merilis game mobile terbaru. Hal ini membuat pengembang game indie sulit mendapat kesempatan yang sama.

Meski game indie tengah terancam oleh permainan mobile, namun tidak dengan Farm Punks. Game indie ini mampu menembus ribuan permainan mobile, dan menciptakan kesuksesannya sendiri.

Karena menuai kesuksesan di kalangan game indie mobile, saya tertarik untuk membahas game ini. Berikut ini kisah dibalik kesuksesan game Farm Punks.

Asal-Usul Pembuatan Game Farm Punks

Farm Punks adalah game besutan Sleeping Giant Games. Ini adalah game mobile pertama yang dikembangkan oleh developer tersebut.

Meski pertama kali dikembangkan, namun tim dibaliknya justru pemain lama. Mereka sebelumnya mengembangkan game multiplayer Arrow Heads, di bawah studio OddBird.

Keputusan membuat permainan untuk ponsel berasal dari kesenangan kami, terhadap apa yang terjadi di industri game mobile,” kata salah satu anggota tim dengan Android Authority.

Sleeping Giant Games sendiri ingin membuat permainan yang menyenangkan. Mereka ingin game Farm Punks bisa dinikmati semua orang.

Sumber Gambar : Android Authority

Berasal dari Sebuah Ide Sederhana

Sleeping Giant Games mengungkapkan hal pertama yang dibutuhkan saat mengembangkan game mobile. Hal pertama yang diperlukan adalah ide.

Dalam pembuatan Farm Punks, ide awal permainan berasal dari keranjang buah. Lalu saat ide itu berkembang, tim bercanda tentang apa yang terjadi jika buah sudah matang dan kedaluwarsa.

Lalu ada ide lain. Pemain harus membongkar buah sebelum habis. Buah-buah ini kemudian harus melompat ke tempat yang telah ditentukan.

Jika kalian pernah memainkan Farm Punks, loop gameplay inti ada di sekitar tumbuhan buah antromorfis. Buah-buah itu akan meluncur dari meriam, dan menggelinding di bukit.

Sumber Gambar : Android Authority

Kalian harus menggiring buah sejauh mungkin sebelum mereka busuk. Semakin jauh area yang dilewati buah, maka semakin banyak pula uang yang kalian dapatkan.

Biasanya pengembang game indie hanya fokus pada konsep awal. Namun Sleeping Giant Games kali ini mengatakan sebaliknya.

Mereka bersikeras bahwa, “kalian tidak perlu punya ide yang sempurna. Kalian hanya perlu mulai membuat dan mengatasi masalah yang muncul.”

Sumber Gambar : Android Authority

Tidak Takut Meminta Bantuan

Bagi Sleeping Giant Games, Farm Punks adalah judul yang sangat menarik. Bahkan game ini dikembangkan selama setahun sebelum dirilis secara resmi.

Pengembangan yang cukup lama membuat tim punya banyak waktu. Mereka bisa fokus menyempurnakan konsep, manambah fitur dan konten menarik.

Ketika sudah jadi, developer ingin game ini diserahkan kepada publisher. Sebab bekerja sama dengan publisher dapat membantu banyak hal, mulai dari pengembangan, pemasaran dan promosi.

Setelah meneliti beberapa penerbit, perusahaan akhirnya bekerja sama dengan Noodlecake Studios yang sebelumnya menerbitkan Alto’s Adventure. Sleeping Giant Games menganggap Noodlecake Studios cocok untuk menerbitkan game ini.

Farm Punks lalu diluncurkan secara bertahap pada bulan Juni 2019. Kemudian peluncuran secara global dilakukan tanggal 22 Agustus 2019.

Sejak awal rilis sampai sekarang, game ini telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna Android. Bahkan tidak sedikit ulasan positif yang didapatkan dari pemain.

Download

Download

%d blogger menyukai ini: