Inilah Film Horor Tanpa Unsur Supernatural yang Bikin Ketakutan

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar ‘film horor’? Mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian adalah deretan film yang penuh dengan hal-hal gaib serta hantu yang menakutkan.

Padahal hantu sebenarnya bukan elemen yang paling penting, dalam membentuk sebuah film horor yang sukses. Terdapat hal lain yang membuat sebuah film horor dikatakan sukses.

Berdasarkan kamus Cambridge film horor adalah, film yang berisi berbagai kejadian yang sangat menakutkan, atau suatu kejadian yang tidak wajar.

Misalnya ada kejadian dimana orang yang sudah meninggal hidup kembali, atau orang-orang yang telah dibunuh. Bisa dikatakan jika film horor memang berisi hantu, namun film horor sebenarnya tidak wajib tetang hantu.

Terdapat banyak film yang memuat sosok hantu serta makhluk astral lainnya. Tapi film tersebut tidak mengerikan sama sekali, sebab tokoh hantu justru digambarkan lucu dan tidak menyeramkan.

Ada pula film horor yang didasarkan dengan sains. Tidak bisa dipungkiri jika horor dan sains adalah hal yang sulit untuk dihubungkan. Tapi keduanya justru dapat menghasilkan film yang bagus jika diramu dengan baik.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa film tanpa unsur supernatural, namun justru terasa sangat menyeramkan.

Splice (2009)

Satu kata yang mungkin akan terlintas dibenak kalian jika menonton film ini adalah ‘creepy.’ Tidak hanya menampilkan berbagai makhluk aneh dan gila, namun film ini juga menampilkan banyak adegan dewasa.

Yang menjadi inti dari film ini adalah karakter bernama Dren. Dia merupakan makhluk asli percobaan dari seorang ilmuwan genetik, Clive Nicoli dan Esla Kast.

Dren diciptakan dari perpaduan genetik dua makhluk hibrid, yang sebelumnya telah dibuat oleh Clive dan Elsa, serta DNA dari Elsa.

Dren mempunyai wajah mirip manusia, hanya saja kepalanya aneh seperti alien, serta dapat berubah seperti kepala binatang.

Jika melihat bentuknya, kalian mungkin akan ngeri dengan sendirinya. Ditambah lagi tatapan Dren yang kosong, seolah penuh akan misteri.

Masih ada satu fakta yang menggemparkan. Dren rupanya bisa berkhianat dan berubah gender. Film horor fiksi ilmiah ini tidak hanya membuat jijik, namun juga sekaligus bisa membuat penonton parno.

Mimic (1997)

Memang kurang pas jika membicarakan film horor sains tanpa mengupas Mimic. Film ini dirilis 22 tahun yang lalu, namun kengerian dari film ini tetap bisa kalian rasakan saat menontonnya.

Film ini menceritakan tentang warga Manhattan yang resak akibat wabah kecoa. Sementara itu, seorang ahli genetika, Dr. Susan Tyler pur bermaksud membuat makhluk yang dapat memberantas wabah kecoa.

Ide Dr. Susan akhirnya berhasil. Namun bukan hanya kecoa yang musnah, melain para manusia juga turut hilang. Setelah itu muncul teror yang mengancam nyawa, dan wajah seram dari makhluk buatan Dr. Susan juga membuat bergidik ngeri.

The Mist (2007)

Ini adalah film horor fiksi ilmiah yang paling menjengkelkan bagi banyak orang. Film ini menceritakan tentang sekelompok orang yang ada dalam sebuah supermarket.

Mereka tengah bertahan hidup serta mencoba mencari cara, untuk menghadapi berbagai makhluk buas di dalam kabut. Makhluk menyeramkan itu berwujud serangga raksasa dari dimensi lain yang menyerang bumi.

Sebelumnya, para ilmuwan dari The Arrowhead Project secara tidak sengaja membuka portal tersebut. Hal ini menyebabkan monster seperti laba-laba raksasa, kalajengking besar, dan monster lain memburu manusia.

Namun hal mengerikan tidak sampai disitu. Karena hal mengerikan yang sebenarnya ada pada manusia di dalam supermarket.

Mereka saling menuduh, menyalahkan, hingga memanipulasi keadaan agar orang lain yang menjadi persembahan untuk serangga raksasa.

Formula yang ada dalam film horor sebenarnya tidak hantu yang mengerikan, atau kekuatan yang tidak logis. Horor adalah tentang bagaimana manusia bisa dibuat lemah, dan bagaimana manusia dikuasai oleh ketakutan hingga tidak bisa melawan.