Inilah Perbedaan Antara Game Remake dan Remaster

Apa ada yang bingung soal game remake dan remaster? Nah, supaya tidak bingung, di sini ada perbedaan antara game remake dan remaster.

Saat ini sudah tidak terhitung berapa banyak game yang rilis di dunia. Bahkan setiap bulannya, setidaknya ada ratusan game yang rilis di dunia.

Meski game-game zaman modern cukup keren, tapi tidak bisa dipungkiri kalau game zaman dulu juga tidak kalah keren. Bahkan beberapa dia ntaranya memiliki julukan sebagai game terbaik sepanjang masa dan masih sering dimainkan.

Sayangnya, game-game klasik memiliki beberapa kekurangan. Walau memiliki alur cerita dan gameplay yang baik, namun kualitas grafis mereka kurang bagus. Tentunya ini karena teknologi yang ada pada waktu itu dan perkembangan masa kini.

Jika kalian mengikuti perkembangan game saat ini, ada beberapa istilah dalam dunia game. Contohnya yakni istilah β€˜remake’ dan β€˜remaster.’

Lalu apa perbedaan dari kedua istilah tersebut? Perbedaan game remake dan remaster sebenarnya cukup siginifikan. Agar tidak bingung membedakannya, yuk kita lihat.

Perbedaan Game Remake dan Remaster

Sumber Gambar : WPTeq

Game Remaster

Pernahkah kalian menemukan game lama yang dibuat ulang? Lalu ketika game itu dimainkan, kalian akan merasakan grafis yang lebih halus dan terkesan modern.

Nah, jika kalian pernah melihat game yang seperti itu, inilah yang dinamakan β€˜remaster’. Jadi remaster adalah pembuatan ulang game untuk memperbaiki resolusi, tanpa mengubah alur cerita atau gameplay.

Biasanya game dibuat dalam versi remaster untuk menyesuikan perangkat gaming saat ini. Sebab jika game lawas dimainkan di perangkat modern, hasilnya kurang maksimal.

Remaster sendiri memiliki beberapa tingkatan. Namun saat ini mayoritas pengembang membuat game dalam bentuk HD remaster.

Tidak hanya itu. Permainan remaster saat ini juga sudah lebih bervariasi. Saat ini pengembang tidak hanya meningkatkan resolusi game.

Game remaster seperti Final Fantasy XII: Zodiac Age bahkan mengalami perubahan struktur game dan soundtrack. Ada pula publisher yang berani membangun kembali game dari nol sampai selesai.

Sumber Gambar : NERFANDO

Game Remake

Kata β€˜remake’ pada dasarnya adalah versi baru dari permainan sebelumnya. Biasanya versi remake dibuat untuk game-game klasik.

Saat membuat game remake, pengembang dituntut untuk membuat ulang game tersebut. Maka dari itu, remake video game bisa dibilang cukup sulit.

Yah bisa dibilang developer seperti membuat game dari awal. Hanya saja, jalan cerita yang disajikan masih tetap asli alias tanpa perubahan apa pun.

Beberapa contoh game remake adalah Resident Evil 2 Remake, Resident Evil 3 Remake, Shadow of the Colossus, Spyro Crash Bandicot, dll. Walau membutuhkan waktu lama, tapi versi remake biasanya lebih diminati gamer dari pada remaster.

Itulah penjelasan seputar game remake dan remaster. Kalau kalian tim mana? Lebih suka game remake atau remaster?

%d blogger menyukai ini: