Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram akan Hapus Tab Toko & Menggantinya dengan Notifikasi

Indri Penulis

Instagram sepertinya berencana untuk hapus tab Toko, dan menggantinya dengan tab Notifikasi. Ini terlihat dari uji coba terbaru yang mereka lakukan.

Sebenarnya aktivitas uji coba ini belum diumumkan secara resmi oleh Instagram. Tapi juru bicara Meta, Anne Yeh membeberkan pada The Verge kabar tersebut.

Dalam keterangannya, Anne Yeh mengonfirmasi jika Instagram saat ini tengah melakukan tes terbatas kepada sebagian pengguna. Dalam tes uji coba itu, Instagram ingin menyederhanakan platform-nya dengan cara hapus tab Toko.

Instagram menambahkan tab Toko sekitar dua tahun yang lalu. Tepatnya saat pandemi masih ‘ganas-ganasnya’ dan ketika aktivitas belanja online mencapai angka tertinggi sepanjang masa.

Tab Toko memberi kreator cara baru untuk terhubung dengan pengguna/konsumennya. Kreator, brand dan bisnis kecil bisa menawarkan produk yang mereka jual, dan pengguna bisa langsung membeli barang yang muncul di feed mereka.

Selain itu, tab Toko juga menawarkan rekomendasi produk berdasarkan beberapa kondisi. Ada rekomendasi produk berdasarkan hasil personalisasi, pilihan editor, rekomendasi penjual, dll.

Walaupun tidak ada yang tahu seberapa sukses tab Toko untuk konten kreator dan Instagram, tapi dilihat dari uji coba ini, sepertinya Instagram ingin mencoba hal baru.

Pertanyaannya kalau tab Toko benar-benar dihapus, apakah pengguna tidak bisa lagi membeli produk dari Instagram? Sepertinya bukan begitu konsepnya.

Dalam uji coba ini, Instagram hanya mengganti tab Toko dengan Notifikasi (kembali lagi seperti dulu, di mana tab Notifikasi ada di sebelah kiri Profil). Sedangkan menurut situs The Information, tab Toko akan dihilangkan sepenuhnya pada tahun 2023, dan diganti dengan pengalaman belanja yang tidak terlalu dipersonalisasi.

So, sepertinya sebagai pengguna Instagram kita nggak perlu terlalu khawatir dengan keputusan Instagram untuk hapus tab Toko. Karena yah, Instagram tetap menawarkan cara lain untuk berbelanja. Salah satunya yakni bisa lewat aktivitas jual beli yang bisa dilakukan via DM (kemampuan ini baru diluncurkan Instagram beberapa bulan lalu).