Instagram akan Menambahkan Fitur Terjemahan

instagram terjemahan
Anom Penulis

instagram terjemahan

Instagram berencana akan menambahkan fitur terjemahan di dalam aplikasinya. Hal itu disebutkan dalam sebuah gambar yang di-upload di akun resmi Instagram (gambar di atas). Pengumuman fitur ini muncul beberapa hari setelah mereka mengumumkan jumlah pengguna yang sudah melebihi 500 juta akun (300 juta aktif setiap harinya).

Fitur terjemahan tersebut akan hadir dalam bentuk tombol yang akan terletak di bawah status dan biografi di profil. Fitur terjemahan akan muncul kalau tulisan yang ada di sana berbeda dari pengaturan bahasa yang kita gunakan. Tujuannya, agar pengguna Instagram bisa lebih mudah memahami kisah yang muncul di timeline mereka, walau itu bukan bahasa asli mereka.

In the coming month, you’ll see a translation button on feed stories and profile bios written in languages different from your own. The Instagram community has grown faster and become more global than we ever imagined. And we’re excited that you’ll soon be able to understand the full story of a moment, no matter what language you speak.
To learn more about translation on Instagram, check out help.instagram.com.

~ Instagram

Belum ada informasi lain mengenai bahasa apa saja yang akan didukung oleh fitur terjemahan Instagram. Sekedar gambaran, yang pertama akan diterjemahkan mungkin yang muncul di gambar di atas. Pengguna Indonesia kelihatannya masih harus bersabar lagi.

Apakah fitur terjemahan ini akan berguna atau tidak, sangat bisa diperdebatkan. Kenapa? Tentu saja karena terjemahan ala mesin tidak mengenali konteks, atau bahasa sehari-hari (slang, logat daerah, dll). Lihat saja hasil dari Google Translate. Kalau yang menulis status tidak menggunakan bahasa Indonesia yang benar, hampir pasti tidak bisa diterjemahkan. Yah, mungkin bisa. Tapi belum sekarang.

Pepatah mengatakan bahwa sebuah gambar bisa mewakili 1000 bahasa. Namun tanpa penjelasan yang benar, gambar bisa diartikan secara berbeda oleh tiap orang. Jadi, perlu tidak ya kira-kira?

    %d blogger menyukai ini: