Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Instagram Blokir Tagar yang Berisi Hoax tentang Vaksin

Instagram mengumumkan jika akan segera memblokir tagar yang berisi berita hoax mengenai vaksin. Ini adalah salah satu cara yang dilakukan Instagram untuk meminimalisir teori konspirasi anti vaksin yang mulai bertebaran di platformnya.

Sebelumnya, Instagram memang sempat memblokir tagar berita hoax mengenai anti vaksin, mulai dari #vaccinescausesautism hingga #vaccinescausesaids.

Namun, sekarang Instagram lebih memperketat lagi dengan memblokir tagar mengenai vaksin meskipun itu bukan berita hoax. Karena biasanya tagar-tagar tersebut juga digunakan kelompok tim anti-vaksin untuk menyebarkan ide mereka.

Hal ini dilakukan Instagram untuk menghindari misinformasi yang menyesatkan dan merugikan si pembaca.

Sumber Gambar : Sekoci Hoaxes

Tagar tersebut tentunya pantas diblokir. Bagaimanapun, Instagram mengacu pada informasi yang ditetapkan oleh badan kesehatan dunia atau WHO. Bahwa berita yang disebarkan tim anti vaksin tersebut tidak benar.

Pemblokiran tagar anti-vaksin ini, selain untuk meluruskan berita, juga sebagai langkah untuk memerangi berita hoax secara umum.

Sebelum melakukan pemblokiran. Instagram akan meninjau terlebih dahulu konten tersebut menggunakan machine learning untuk mengetahui tagar apa saja yang terkait.

Jika di dalam konten tersebut mengandung tagar yang memiliki proporsi misinformasi yang tinggi, maka Instagram akan langsung memblokirnya.

Sumber Gambar : Lifestyle Okezone

Alhasil jika sebuah tagar diblokir, maka konten yang menggunakan tagar tersebut tidak akan bisa ditemukan lagi. Pengguna bahkan tidak akan menemukan tagar tersebut lagi meskipun diklik maupun dicari secara manual.

Dari kejadian tersebut, Instagram juga berencana untuk mengenalkan fitur baru berupa pesan pop-up yang akan muncul ketika si pengguna mencari informasi mengenai vaksin.

Belum diketahui seperti apa bentuk pesan pop-up tersebut, namun tujuan dari fitur tersebut adalah untuk mengarahkan pengguna menuju informasi yang lebih akurat.

More Stories
Gratis! 1000 Lisensi MacX Video Converter Pro