Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram akan Punya Fitur Caption Otomatis (Auto-Caption) di Story

Indri Penulis

Instagram kabarnya akan punya fitur caption otomatis (auto-caption). Fitur ini akan bisa ditemukan di Instagram Story nantinya.

Seiring berjalannya waktu, mengakses media sosial bukan hal yang susah. Hampir semua orang di dunia ini baik anak kecil, remaja, orang dewasa, hingga lansia bisa mengakses media sosial.

Sayangnya, selama ini media sosial belum user-friendly buat pengguna yang memiliki keterbatasan fisik. Salah satu contohnya pengguna tuna rungu.

Tapi sepertinya Instagram tengah berupaya agar lebih mudah diakses, oleh mereka yang memiliki keterbatasan fisik tuna rungu. Salah satu media sosial terbesar ini, tengah mengembangkan fitur caption otomatis di Instagram Story.

Apa Fungsi Fitur Caption Otomatis Instagram?

Konsultan media sosial, Matt Navarra, membeberkan fitur yang akan datang di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat teks otomatis (auto-caption) di Instagram Story.

Kalian sekarang bisa menambahkan caption otomatis pada video di Story, dengan berbagai gaya yang berbeda,” tulis Matt Navarra dalam cuitannya.

Sebenarnya fitur auto-caption punya fungsi sama seperti stiker Story biasa. Cuma kalau stiker biasa, kita harus menempatkannya secara manual (pakai tangan). Sedangkan auto-caption akan mengubah suara kita menjadi teks (stiker) di Instagram Story.

Dalam video yang diunggah Matt Navarra di Twitter, cara menemukan fitur auto-caption sangat mudah. Cukup bikin Story seperti biasa, klik ikon Stiker dan carilah ‘text’ di bilah pencarian. Terakhir, kamu akan menemukan opsi ‘CC Captions.’

Sumber Gambar : Make Use Of

Setelah memilih stiker, Instagram otomatis akan mentranskripsikan suaramu ke Story. Instagram juga memungkinkan kamu memilih gaya font teks yang berbeda.

Baca Juga:  Instagram akan Hapus Tab Toko & Menggantinya dengan Notifikasi

Keluar dari video yang diunggah Matt Navarra, sepertinya fitur auto-caption ini cukup akurat. Hanya saja di video itu, fitur ini salah mentranskripsikan kata ‘finally’ menjadi ‘find.’ Hehe..

Walau begitu, tidak bisa dipungkiri jika fitur ini akan membuat Instagram lebih mudah diakses. Apalagi buat pengguna yang memiliki gangguan pendengaran.

Sampai sekarang, Instagram belum mengatakan kapan fitur ini akan diluncurkan. Toh, Instagram sepertinya juga belum memulai uji coba secara resmi. Jadi untuk peluncurannya, mungkin masih agak lama.

Wah, sepertinya berbagai media sosial sekarang makin user-friendly buat pengguna yang memiliki keterbatasan ya. Sebelum Instagram, sebenarnya ada Twitter yang merilis fitur Tweet Suara di iOS.

Memang, Tweet Suara tidak akan mentranskripsikan suara menjadi teks seperti milik Instagram. Tapi menurut saya, fitur ini juga akan sangat berguna untuk pengguna tuna rungu yang ingin membuat tweet.