Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apa Internet Satelit Bagus Untuk Main Game?

main game
Anom Penulis

Seiring perkembangan teknologi, koneksi internet jadi lebih baik. Menghadapi perkembangan mendatang, lalu muncul pertanyaan. Apakah internet satelit bisa jadi solusi bagus untuk main game?

Dua dekade terakhir ini, kebutuhan warga masyarakat tanah air akan internet semakin berkembang luas. Dengan adanya jaringan internet, masyarakat sangat terbantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk bermain game.

popculture.id

Ya, hampir seluruh generasi muda di Indonesia tidak dapat lepas dari dunia gaming. Karenanya mereka akan terus mencari opsi jaringan internet alternatif terbaik yang dapat mendukung kelancaran bermain game mereka. 

Kalau kamu seorang gamer sejati namun berada di daerah yang masih belum tersentuh infrastruktur jaringan internet kabel atau fiber, maka kamu dapat saja mencoba berlangganan layanan internet satelit.

Tapi masalahnya adalah di Indonesia saat ini satelit internet masih merupakan teknologi yang baru dan berkembang. Mungkin untuk sekarang ini teknologi jaringan ini bukan cara terbaik untuk bermain game. Toh bagaimanapun ini merupakan teknologi masa depan. 

Selain itu, berdasarkan pengalaman sejumlah negara yang sudah menyediakan internet satelit—seperti di Amerika Serikat—satelit internet terbukti lebih lambat daripada koneksi kabel atau fiber.

Intinya, masih ada kelemahan dan kekurangan yang melekat pada jaringan internet satelit, khususnya jika digunakan untuk bermain game. 

Apakah internet satelit cocok untuk main game?

Menurut sejumlah studi yang pernah dilakukan, internet satelit ternyata memiliki reputasi yang kurang baik dalam mendukung para gamer. Meskipun demikian, ada upaya yang keras dari sejumlah penyedia layanan internet satelit untuk memperbaiki kinerja layanannya.

Bahkan di antara para penyedia, ada yang berkomitmen untuk mengantarkan kecepatan internet satelit yang lebih baik di daerah-daerah pedesaan. 

Oleh karena itu, saya akan menjawabnya di sini. Ya, kamu bisa mengandalkan internet satelit untuk bermain game. Lalu ada banyak tipe game yang bisa kamu mainkan secara online seperti Battle Royale, Multiplayer Online Battle Arena, First Person Shooter dan banyak lagi.

Tapi harap diingat, kelancaran bermain game akan selalu tergantung pada tipe game yang akan kamu mainkan dan kecepatan internetmu. Dengan demikian bisa dibilang bahwa tidak semua game akan memiliki performa yang baik dan lancar jika menggunakan koneksi internet satelit.

Meskipun demikian, kalau kamu memahami betul batasan kecepatan internet dan tipe-tipe game yang direkomendasikan, maka kamu bisa menikmati game-game dengan sangat baik, bahkan dengan menggunakan koneksi satelit. 

Bermain game, khususnya game-game online pada waktu bersamaan, membutuhkan kecepatan internet yang memadai dan mumpuni serta tingkat keterlambatan yang rendah. Maka mungkin saja akan sulit bagimu untuk memainkan game-game tersebut dengan menggunakan jaringan perangkat satelit.

Dengan demikian, jika koneksimu memiliki keterlambatan yang tinggi, ini berarti panggilan untuk suatu aksi game, tidak akan dikenali sesuai yang diinginkan. Ini menyebabkan lawan gaming yang punya koneksi internet yang lebih baik, menang.  

Dengan alasan inilah, internet satelit bukanlah sebuah opsi yang bagus untuk memainkan game-game yang melibatkan beberapa pemain atau bahkan hanya satu pemain saja. 

Tips-tips bermain game dengan internet satelit

Bermain game memang terlihat menyenangkan dan menghibur untuk mengisi waktu luang di hari-hari libur. Bermain game juga ternyata dapat menghasilkan uang yang lumayan besar jika kamu adalah seorang gamer profesional.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa bermain game-game dengan menggunakan koneksi internet satelit. Kamu tetap bisa melakukannya dengan baik.

Nah, inilah sejumlah tips penting bermain game dengan internet satelit:

  1. Pilihlah mode pemain tunggal (single player) supaya kamu tidak harus menghabiskan seluruh bandwidth internet satelit saat bermain game. Saat ini sudah banyak tipe game yang memunkinkan kamu untuk bermain tunggal/sendirian. 
  2. Hindarilah game-game yang melibatkan Pemain versus Pemain (PvP) karena koneksi internet satelit kamu nisa jadi kurang baik jika dibandingkan oleh lawan yang menggunakan jaringan internet kabel atau fiber.

Melihat berbagai pertimbangan di atas, saya kira satelit internet belumlah pilihan pertama yang paling tepat untuk para pemain game di Indonesia. Apalagi penggunaan internet juga masih tergolong baru untuk para pengguna di Indonesia dan belum dikembangkan secara luas. 

Tentu, kamu tidak perlu bingung dan khawatir. Untuk sekarang juga, para pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game.

Yaitu dengan melakukan hal-hal yang simpel dengan mengubah pengaturan router di 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 mereka seperti membatasi para pengguna yang terhubung, menggeser router mereka ke dekat perangkat PC mereka atau menggunakan sebuah koneksi kabel daripada WiFi.

    %d blogger menyukai ini: