Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rumor iPhone 12: Akankah ProMotion 120Hz Jadi Layar Ponsel Terbaik?

rumor promotion iphone
Anom Penulis

Rumor tentang iPhone 12 semakin ramai. Setelah beberapa kali hadir bocoran tentang fitur, desain, termasuk LiDAR scanner, kini giliran layar iPhone 12 yang menjadi sorotan. Varian iPhone 12 Pro disebut akan memakai layar ProMotion 120Hz!

iPhone 12 dan Layar ProMotion 120Hz

Apple memperkenalkan teknologi layar ProMotion pada tahun 2017 melalui iPad Pro. Teknologi ProMotion ini membawa refresh rate layar sampai kualitas 120Hz. Teknologi ini terus hadir di lini iPad Pro sampai generasi terbaru.

popculture.id
ipad pro 2017
iPad Pro 2017 dengan ProMotion Display

Sejak itu, pembicaraan soal kehadiran layar ProMotion di iPhone sering muncul. Namun sejauh ini belum menjadi kenyataan. Walau begitu, rumor soal layar ProMotion di iPhone 12 menguat di akhir tahun 2019.

Bocoran terbaru hadir dari EverytingApplePro. Ia menyatakan kalau layar 120Hz ProMotion sudah mendapat konfirmasi akan hadir di seri iPhone 12 Pro (berarti termasuk versi Max). Jadi varian 6,1 inci dan 6,2 inci yang lebih canggih akan mendapatkannya. Sementara varian yang lebih rendah, 5,4 inci dan 6,1, tetap akan memakai layar 60Hz.

Berdasar bocoran yang diterima, beberapa bulan lalau teknisi Apple masih belum puas dengan penerapan layar ProMotion di iPhone mendatang. Namun setelah itu sudah ada perkembangan lebih jauh.

Salah satu info lain yang muncul adalah Apple berniat menyederhanakan pilihan kualitas layar antara 60Hz dan 120Hz saja. Tidak ada kualitas di antaranya.

Akankah Menyempurnakan Teknologi Layar?

Tren layar smartphone memang bergerak ke refresh rate yang lebih tinggi. Terutama karena bisa memberi tampilan yang lebih halus pada animasi aplikasi dan game. Tidak heran banyak yang mengejarnya.

Namun ternyata tidak semua smartphone dengan layar 120Hz saat ini memberi kualitas dan pengalaman penggunaan yang sama. Hal ini disebabkan karena perbedaan kemampuan chipset dan penerapannya di perangkat lunak.

Di sisi ini Apple punya sedikit keunggulan. Chipset besutan Apple selalu berada di puncak untuk urusan performa. Selain itu, penerapannya yang hanya untuk iPhone membuat Apple bisa membuatnya bekerja seoptimal mungkin.

Gambar: EverythingApplePro

Informasi yang didapat oleh EverythingApplePro juga menyebutkan kalau salah satu hal yang diterapkan oleh Apple pada layar ProMotion di iPhone 12 Pro mendatang adalah dynamic variable refresh rate. Hal ini disebut akan membuat iPhone mampu mengubah refresh rate layar — 60Hz atau 120Hz — tergantung pada aplikasi yang kamu buka.

Dengan keselarasan antara chipset dan perangkat lunak, iPhone bisa memberikan konsistensi pada performa, keawetan baterai, dan pengalaman penggunaan. Para pengembang juga lebih mudah menerapkannya di aplikasi mereka (dibandingkan dengan fragmentasi Android). Dengan begitu berkesempatan maju selangkah di depan smartphone lain.

Selain itu — suka atau tidak — Apple juga terkenal mampu menerapkan teknologi yang sudah ada menjadi “standar baru”. Lihat saja notch di layar, Face ID, penerapan tiga kamera, dll. Tentu saja, pada kenyataannya kualitas layar ini harus kita lihat lebih jauh nanti ketika sudah rilis.

Kalau memang layar 120Hz ini hadir di iPhone 12 Pro, akan sangat menarik melihat persaingan di antara ponsel premium ini nantinya. Karena pada pertengahan tahun, Samsung akan merilis Galaxy Note20. Smartphone ini mungkin membawa penyempurnaan pada layar 120Hz yang sebelumnya sudah hadir di Galaxy S20.

    %d blogger menyukai ini: