Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus Pakai Chipset A15 yang Lebih Canggih

Indri Penulis

Ponsel iPhone 14 dan iPhone 14 Plus kabarnya akan menggunakan chipset A15 sama seperti di iPhone 13 Pro. Tapi bedanya ini lebih canggih.

Kabar ini datang dari Tim Higgins dari The Wall Street Journal. Higgins melaporkan bahwa ponsel iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan menggunakan chip A15 Bionic ‘yang lebih disempurnakan.’

popculture.id

Laporan tersebut memang tidak memberikan rincian tambahan soal chipset tersebut. Tapi dengar-dengar, kedua ponsel tersebut akan menggunakan chipset A15 seperti yang dipakai iPhone 13 Pro. Namun kali ini dengan versi yang lebih canggih.

Lalu bakal secanggih apa chipset tersebut? Dengar-dengar chipset ini akan menggunakan GPU 5 core untuk menciptakan kinerja grafis 25% lebih cepat. Sebagai perbandingan, chipset A15 yang dipakai pada model iPhone 13 cuma punya 4 core.

Peningkatan kinerja grafis kemungkinan akan menjadi satu-satunya perubahan pada chipset A15 di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Soalnya chipset tersebut punya CPU 6-core dan Neural Engine 16-core yang sama seperti di iPhone 13 serta iPhone 13 Pro.

Kalau model standar iPhone 14 bakal pakai chipset lama, lalu bagaimana dengan model yang lebih premium seperti iPhone 14 Pro?

Beberapa bulan lalu, analis Ming-Chi Kuo sudah pernah membeberkan kalau iPhone 14 Pro akan pakai chipset A16 Bionic terbaru. Chipset tersebut digadang-gadang bisa menghadirkan kinerja CPU yang lebih cepat.

Kalau bocoran-bocoran di atas benar, maka ini akan jadi pertama kalinya Apple membatasi chip terbarunya pada model ‘Pro’ saja. Sebelumnya, Apple tidak pernah melakukan pembatasan seperti ini. Semua model iPhone terbaru pasti juga akan menggunakan chipset generasi baru.

Tapi nggak ada salahnya juga Apple mencoba strategi baru seperti ini. Dengan membedakan chipset antara model iPhone standar dengan Pro, maka perbedaan antara model standar dan ‘Pro’ akan terlihat signifikan.

Sementara itu, Apple kemungkinan besar akan mengungkapkan jajaran iPhone 14 Series pada tanggal 7 September 2022. Apakah model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus benar-benar akan menggunakan chipset A15 versi ‘lebih canggih?’, kita buktikan saja besok.

    %d blogger menyukai ini: