Akankah iPhone Mengikuti Jejak Handphone Android Tahun Ini?

Android OnePlus 6T vs Apple iPhone XS Max
Foto: Phone Arena

Tahun 2017, Apple berhasil mengubah wajah handphone Android dengan iPhone X. Sejak itu, wajah handphone Android mengalami perubahan yang radikal. Akankah iPhone merubah desainnya tahun ini?

Handphone Android Paska Poni

Sekedar mengingat kembali, iPhone X membawa tren poni alias takik atau notch. Sejak itu, hampir semua mengikuti jejaknya. Hanya sedikit yang tidak. Hal ini membangkitkan kontroversi.

Namun, hal yang menarik terjadi. Berbagai handphone Android menghadirkan bezel-less screen dengan berbagai variasi. Ada yang dengan poni kecil, ada yang dengan bentuk tetesan air (water drop notch), dan ada yang memindah kamera depan dengan sistem geser (slider phone).

handphone android dengan poni

iPhone juga memperkenalkan pengenalan biometrik Face ID. Beberapa handphone Android memang sudah memilikinya, namun belum setara dengan iPhone. Yah, beberapa perusahaan berusaha mengejarnya. Misalnya, Samsung.

Di sisi lain, beberapa perusahaan mempertahankan sensor sidik jari. Karena memang sistem otentikasi ini dianggap paling enak. Mereka menanamkan sensor sidik jari di layar. Vivo menjadi pionir untuk teknologi ini.

Jadi, sebenarnya smartphone Android sedang berusaha melakukan revolusi. Banyak inovasi terjadi. Bahkan mirip seperti era ketika iPhone belum ada, ketika tiap perusahaan berusaha membuat desain unik. Lalu bagaimana dengan Apple sendiri?

Rumor iPhone 2019

Jean Baptiste Su, wakil presiden dan analis dari firma Atherton Research, menyatakan hal yang menarik untuk iPhone 2019.

Dalam sebuah artikel di Forbes, ia membahas mengenai perkiraan turunnya pendapatan Apple dari penjualan iPhone tahun 2018. Sebagai analisa, ia menyebutkan bahwa ada kemungkinan Apple akan merilis iPhone yang dirancang ulang. Dengan takik/notch lebih kecil dan Touch ID di layar.

Although we believe that Apple will release a re-designed iPhone X in 2019—with a smaller notch, a fingerprint reader (Touch ID) under the display, and a USB-C port—it will still lack the extensibility (memory card), the battery life, the lightning-fast charging capability, and the camera quality of Android flagship smartphones while being more expensive.

Ming-Chi Kuo, analis dengan spesialisasi Apple, menyatakan hal yang berbeda. Ia menyebutkan bahwa Face ID merupakan teknologi unggulan Apple saat ini. Apple tidak akan kembali ke Touch ID.

Mengingat TrueDepth Camera System untuk Face ID terletak di takik layar, kemungkinan besar bentuknya masih belum akan berubah. Yah, kecuali Apple menemukan posisi yang lebih optimal untuk sensor kamera tersebut.

Dari kedua prediksi ini, kelihatannya Ming-Chi Kuo lebih tepat. Dalam beberapa hal, iPhone memang “tertinggal” dari smartphone Android. Spesifikasinya secara umum cenderung lebih rendah. iPhone pun sempat jadi pengikut untuk kamera ganda.

Tapi Apple selalu keras kepala dan selalu menganggap dirinya inovatif. Yah, memang benar dalam beberapa hal tertentu. Ketika Apple menggebrak, hal itu selalu menjadi standar baru. Jadi mungkin besar, dari sisi desain iPhone belum akan banyak berubah.

Ada komentar?