Desain Layar iPhone X Jadi Tren Smartphone Terbaru

kamera depan iphone x
Foto: William Hook

Ketika iPhone X diumumkan, desain takik atau tonjolan atau “poni” di layarnya mendapat respon keras. Tidak sedikit yang mengkritik. Namun beberapa waktu kemudian, desain tersebut segera menjadi tren smartphone terbaru. Siapa menduga?

Impian akan smartphone dengan layar bezel-less mungkin sudah ada sejak touch screen populer. Namun perkembangan teknologi baru memungkinkan hal tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Itu pun belum sempurna.

Beberapa hal yang harus dicari solusinya adalah posisi kamera depan, beberapa sensor (seperti sensor cahaya), speaker, mikrofon, juga pemindai sidik jari. Bagaimana memaksimalkan layar tanpa mengurangi fungsi dasar peralatan tersebut menjadi tantangan besar. Toh hal ini tidak mencegah layar bezel-less jadi tren smartphone terbaru.

Perkembangan Layar Bezel-less

Mungkin langkah awal menuju layar bezel-less dimulai oleh Samsung dengan Note Edge di tahun 2014. Lengkungan di bagian pinggir memberi ilusi tanpa bingkai dan efek lebih luas di layar. Desain Edge ini pun menjadi bagian dari seri Galaxy dan menjadi standar di Samsung Galaxy S8.

Selain itu, sejauh pengetahuan saya, Xiaomi Mi Mix juga merupakan salah satu pionir layar bezel-less. Xiaomi memindah berbagai elemen ke bagian bawah layar (termasuk kamera depan). Walau terlihat canggung, desain ini terus berlanjut di seri Mi Mix selanjutnya.

notch essential phone

Takik di layar Essential Phone

Tentu saja kita tidak boleh melupakan Essential Phone. Handphone ini mungkin merupakan handphone pertama yang menggunakan takik atau “poni” di layar. Takik tersebut berukuran relatif kecil, hanya menjadi tempat kamera depan.

Lalu hadirlah iPhone X dengan desain layar full screen dengan takik di bagian atas. “Poni” iPhone X ini berukuran cukup besar, sampai menjadi bahan canda di internet. Supaya adil, Apple meletakkan banyak sensor selain kamera depan di sana.

Desain iPhone X Dijiplak

Walau respon terhadap desain iPhone X cukup keras, toh Apple tetaplah Apple. Sebuah nama yang sering disebut kalau berurusan dengan masalah desain produk. Bukan rahasia lagi kalau desain dari Apple sering ditiru. Bahkan Samsung dan Apple pernah berseteru lama di pengadilan untuk masalah desain.

Tapi tidak sedikit yang kaget ketika banyak smartphone Android meniru desain iPhone X ini. Bahkan kelihatannya desain ini jadi tren smartphone terbaru.

Doogee V, sebuah handphone CIna, menjadi salah satu yang pertama kali muncul. Di samping itu masih ada beberapa nama lain. Sampai di sini, kita mungkin hanya tersenyum sambil geleng-geleng kepala. Namun kemudian, ASUS Zenfone 5 dan Zenfone 5Z muncul tanpa malu-malu dengan desain layar ala iPhone X. Dunia pun tersentak.

Ternyata, tidak hanya itu saja. Berbagai bocoran pun muncul memberi gambaran kalau akan hadir lebih banyak lagi handphone Android dengan desain iPhone X.

Misalnya bocoran LG G7. Dari video yang beredar, terlihat poni iPhone X di layarnya. Tapi memang status perangkat ini belum jelas. Sebelumnya juga ada berita kalau LG memundurkan jadwal rilis handphone tersebut karena membuat desain baru. Evan Blass (@evleaks) menyebut bahwa mungkin saja perangkat yang ada di bocoran ini adalah prototipe yang dibatalkan.

lg g7 leaked

Bocoran LG G7 Neo (Foto: YNET)

Selain itu, ada bocoran Huawei P20 dan P20 Lite. Evan Blass membagi foto bocoran itu yang menunjukkan desain layar ala iPhone X. Tidak hanya itu, posisi kamera pun mirip dengan iPhone X.

huawei p20 dengan desain layar iphone x yang jadi  tren smartphone terbaru

Bocoran Huawei P20 (Foto: Evan Blass)

Lalu kalau kamu memperhatikan, di bocoran handphone Motorola 2018, Moto X5 juga terlihat memiliki takik serupa iPhone X (tidak terlalu kentara karena ada status bar warna hitam). Di samping itu masih ada bocoran Oneplus 6.

Apakah hanya itu? Hm, masih ada lagi. Bloomberg menyebutkan kalau versi Android mendatang (Android P) juga akan mendukung desain aplikasi untuk perangkat dengan takikan di layar. Mungkin untuk posisi notifikasi dan status.

Baru Sekedar Tren Penampilan Saja

Lalu apa ada masalah dengan jiplakan layar iPhone X itu? Secara praktis sih tidak.

Kemungkinan terbesar yang jadi alasan kenapa banyak merk menjiplak desain layar itu adalah untuk menarik calon pembeli yang ingin punya handphone trendy seperti iPhone X tapi belum punya dana mencukupi. Yah, sekedar tren penampilan saja.

Kenapa begitu? Ketika Apple membuat desain itu, mereka mengganti Touch ID dengan Face ID, dan menambah teknologi (sensor) untuk mendukungnya. Sensor tersebut ada di tonjolan layar itu. Selain itu, mereka juga menambah banyak gestur baru karena tombol Home sudah tidak ada.

Sementara sistem operasi Android saat ini (Oreo) punya perilaku berbeda. Software dari merk handphone yang bersangkutan juga belum seperti iOS terbaru dari Apple. Bisa kita lihat dari ASUS Zenfone 5, masih ada fingerprint scanner di bagian belakang. Saya yakin sistem navigasinya juga tetap sama.

Jadi ya memang baru sebatas penampilan saja. Tidak sedikit yang menuding kalau manufaktur handphone Android sudah tidak kreatif lagi. Memilih mengekor daripada berusaha membuat sesuatu yang baru.

Harus kita akui, Apple memang trendsetter. Menjiplak desain iPhone mungkin langkah mudah untuk menunggangi tren. Terus terang saat ini saya agak sebal melihat fenomena ini. Memang keputusan akhirnya ada di tangan kita sebagai pembeli. Tapi walau pun kita tidak suka dengan desain poni di layar seperti itu, apa pilihan yang kita punya ketika semua membuatnya?

Apa kamu senang dengan tren smartphone terbaru yang meniru desain layar iPhone X ini? Atau apakah kamu akan memilih handphone lain yang lebih “normal”?

Ada komentar?