4 Pengumuman Penting Apple Special Event 2017

apple special event 2017

Tadi malam (waktu Indonesia) Apple Special Event 2017 berlangsung. Di acara tersebut, Apple mengumumkan banyak hal baru. Mulai dari Apple Watch series 3 dan watchOS 4, Apple TV 4K, iOS 11, sampai yang paling ditunggu, iPhone 8 dan iPhone X (baca: iPhone Ten).

Apple Special Event 2017 ini diadakan di Steve Jobs Theatre. Gedung konferensi baru di kampus Apple yang baru juga. Nama gedung tersebut merupakan penghargaan untuk founder Apple, Steve Jobs.

Jadi, mari kita lihat saja semua pengumuman penting Apple ini.

Apple Watch series 3

apple watch series 3

Apple Watch generasi ketiga ini mendapat peningkatan signifikan dari model sebelumnya. Sekarang, Apple Watch tersedia dalam dua model, dengan GPS plus seluler (eSIM), dan dengan GPS saja. Keduanya menggunakan prosesor dual-core dan wireless chip baru. Tentunya masih tetap tahan air sampai kedalaman 50 m.

Apple Watch 3 mendukung koneksi LTE dan UMTS penuh, yang akan menjadi independen saat memiliki jarak yang jauh dengan iPhone. Jam ini menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang ada di iPhone. Apple memberikan demo yang cukup meyakinkan untuk kemampuan mikrofon dan speaker Apple Watch 3 ini.

watchOS 4 juga mendapat beberapa kemampuan baru, seperti deteksi gangguan detak jantung (ingat riset Game of Thrones?) di aplikasi Heart Rate baru, dan beberapa aplikasi baru lainnya.

Apple Watch series 3 memiliki harga USD 399 (GPS + seluler), dan USD 329 (GPS). Jam pintar ini mulai bisa dipesan pada 15 September 2017, dan tersedia pada tanggal 22 September.

Apple TV 4K

appletv dan layar 4k

Apple juga memperbarui perangkat AppleTV dengan kualitas 4K dan HDR. Perangkat ini menggunakan A10X Fusion chip, dan memiliki dukungan Dolby Vision, juga HDR10. Deteksi kualitas 4K yang dimilikinya bisa mengoptimalkan pengaturan untuk kualitas gambar terbaik. AppleTV akan mendapat konten 4K dari berbagai layanan video seperti Netflix dan Amazon Prime.

AppleTV 4K memiliki harga USD 179 (32 GB) dan USD 199 (untuk 64 GB). Sama seperti Apple Watch series 3, AppleTV mulai bisa dipesan tanggal 15 September, dan mulai tersedia tanggal 22 September.

[irp posts=”44516″ name=”10 Tahun iPhone: Dari Generasi Ke Generasi”]

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone 8 plus dan iPhone 8 depan

Tidak seperti tradisi khasnya, Apple melewati seri s. Tahun ini, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus-lah yang hadir. iPhone terbaru ini membawa desain dan teknologi baru.

Bodi iPhone 8 dan 8 Plus terbuat dari aluminium dan kaca. Hal ini memungkinkan iPhone (akhirnya) memiliki fitur wireless charging. Layar iPhone 8 menggunakan Retina HD Display baru dengan teknologi True Tone untuk warna yang lebih natural.

Di dalamnya, iPhone 8 menggunakan prosesor baru yang bernama A11 Bionic. Prosesor ini disebut 70% lebih cepat dari A10 Fusion. Selain itu, A11 Bionic juga dibuat untuk memberikan pengalaman augmented reality yang lebih baik.

Dari sisi kamera, iPhone 8 memperkenalkan teknologi Portrait Lighting. Teknologi ini memberikan efek dramatis ala studio foto profesional. Selain itu, kamera iPhone 8 juga mendukung rekaman video kualitas 1080p sampai 240fps yang ideal untuk efek slo-mo.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tersedia dalam 3 varian warna: space grey, silver, dan warna gold baru. Harga iPhone terbaru ini mulai dari USD 699, mulai bisa dipesan tanggal 15 September, dan tersedia pada tanggal 22 September.

iPhone X

iPhone X

Inilah yang menjadi kejutan Apple Special Event 2017 (walau sebelumnya sudah bocor). iPhone X (baca: ten) merupakan edisi khusus untuk merayakan kehadiran iPhone pertama 10 tahun lalu. Apple menyebut handphone ini sebagai masa depan smartphone.

iPhone X memiliki bagian depan yang hampir sepenuhnya berupa layar. Bodi yang terbuat dari kaca dan aluminium menyatu dengan lengkungan halus di pinggir. iPhone terbaru edisi khusus ini selain memiliki fitur yang sama dengan iPhone 8, juga mendapat teknologi khusus.

Apple memperkenalkan Face ID sebagai metode autentifikasi biometrik baru. Apple menyebut Face ID aman dan akurat (tidak bisa dipalsu dengan foto). Teknologi ini menggunakan gabungan antara kamera infra merah, dot projector, dan flood illuminator.

Kemampuan deteksi wajah yang mendetil ini juga memungkinkan fitur baru, yaitu Animoji. Sebuah emoji dengan animasi sesuai pergerakan wajah kita. Harus saya akui, demo dari Apple cukup seru, lucu, dan impresif.

Berbeda dengan iPhone 8, iPhone X menggunakan layar Super Retina Display. Handphone ini juga menjadi iPhone pertama yang menggunakan panel OLED (akhirnya).

iPhone X akan tersedia dalam warna space gray dan silver. Harga iPhone X adalah USD 999. Pemesanan mulai bisa dilakukan pada tanggal 27 Oktober, dan pembelian mulai pada tanggal 3 November.

apple airpower

Selain keempat pengumuman besar itu, Apple juga memberikan sneak peek untuk perangkat wireless charging yang diberi nama AirPower. Perangkat ini berupa alas yang bisa dipakai untuk mengisi daya iPhone, Apple Watch dan AirPods bersamaan.

Itulah produk terbaru Apple yang diumumkan di Apple Special Event 2017. Seperti biasa, Apple menghadirkan produk-produk dengan desain yang keren. Secara inovasi, boleh dibilang tidak banyak yang benar-benar baru. Tapi sekali lagi, Apple mampu mengolahnya dengan baik dan meningkatkan standar persaingan.

 

%d blogger menyukai ini: